Bioindustri Omnipresen

Blog

Finishing Furniture Indoor menggunakan Cat kayu Warna Natural Biovarnish

Finishing furniture indoor dengan hasil akhir close pore warna natural walnut brown bisa dihasilkan menggunakan cat kayu warna natural Biovarnish, seri produk varnish water based dari Bioindustries.

finishing warna natural

Aplikasi ini merupakan metode finishing kayu brush system dengan hasil warna natural transparan untuk memperlihatkan serat atau alur kayu sehingga keindahan dan sifat alami kayu masih bisa ditampilkan namun tetap rata, halus dan close pore. Aplikasi finishing cat kayu untuk indoor furniture ini menggunakan seri produk Biovarnish, yaitu Biovarnish wood filler, Biovarnish wood stain warna walnut brown dan Biovarnish clear coat.

Contoh proses aplikasi finishing warna natural untuk furniture indoor ini akan menggunakan kayu mahoni dengan mc kayu berkisar di angka 12%, dengan room humidity 60-70% dan suhu ruangan 30ºC. Teknik aplikasi yang digunakan adalah brush system, yaitu menggunakan kuas dan kain bahan kaos yang bersih atau bal.

Coating Proses Finishing Furniture Indoor Menggunakan Cat Kayu Warna Natural Biovarnish

Sebelum proses coating dilakukan, siapkan dulu media kayu yang akan di-finishing. Siapkan amplas no 120, kemudian gunakan untuk meng-amplas media kayu untuk memperhalus media. Amplas permukaan kayu searah serat kayu sampai benar-benar halus dan rata. Pastikan media kayu telah benar-benar kering (MC ≤ 12%) dan permukaan media kayu bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak yang akan mengganggu penetrasi bahan cat atau coating.

cat kayu warna natural

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Tahap paling awal adalah aplikasi Biovarnish Wood Filler. Pastikan alat dan media aplikasi kering, bersih dan bebas dari kotoran maupun minyak. Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna yang dibutuhkan. Biovarnish Wood Filler tersedia dalam warna jati, mahoni dan ramin. Karena kayu yang digunakan adalah kayu mahoni, maka Biovarnish Wood Filler yang digunakan adalah warna kayu mahoni.

Tambahkan air bersih secukupnya (jika dibutuhkan) sesuai alat yang digunakan. Aplikasikan menggunakan pisau palet atau kain bal searah serat, dan tunggu hingga kering benar (sekitar 60 menit).

Amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas no 240 berlawanan serat. Amplas sampai halus dan serat kayu terlihat. Ulangi lagi prosedur aplikasi ini untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna dan yang tertinggal hanya di pori-pori kayu.

Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Siapkan Biovarnish Wood Stain warna walnut brown untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Jika perlu tambahkan air bersih untuk mengencerkan dan untuk menurunkan kepekatan warna dengan perbandingan 2:1.

Aplikasikan menggunakan kuas yang dibungkus dengan kain bahan kaos yang bersih atau kain bal. Kemudian tunggu sampai benar-benar kering selama ± 60 menit, tidak disarankan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Setelah kering, sanding/amplas menggunakan amplas no 400. Cara mengamplas kayu yang benar di tahap ini adalah amplas ambang searah serat. Ulangi lagi proses aplikasi Biovarnish Wood Stain warna walnut brown dengan ratio pengenceran 5:2 dan aplikasikan menggunakan kuas/bal. Tunggu hingga kering ± 30 menit. Ulang proses ini 2 kali.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Tahap selanjutnya adala aplikasi Biovarnish Clear Coat untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir yang glossy. Tambahkan air bersih dengan mixing ratio 2:1. Aduk pelan-pelan sampai benar-benar homogen. Aplikasikan larutan Biovarnish Clear Coat ini menggunakan kuas/bal sampai mendapatkan tampilan yang halus dan rata dan biarkan mengering pada suhu kamar.

Diamkan selama ±20 menit pada suhu kamar untuk mendapatkan kering sentuh. Sedangkan kering packing ±24 jam (overnight) dan kering full curing 7 x 24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan untuk dijemur atau dikeringkan dengan suhu > 32C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh.

Penting untuk diperhatikan, kondisi drying room direkomendasikan suhu 30-37C dengan ventilasi udara baik. Selain itu tidak disarankan dijemur di bawah terik matahari langsung. Itulah cara mudah aplikasi finishing furniture indoor warna natural walnut brown menggunakan cat kayu warna natural Biovarnish. Semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!