Aplikasi Mudah Finishing Kayu Palet Menggunakan Cat Kayu Warna Jati, BioColors - Bioindustries

Aplikasi Mudah Finishing Kayu Palet Menggunakan Cat Kayu Warna Jati, BioColors

Finishing furniture berbahan palet dengan hasil natural jati bisa didapatkan dengan menggunakan cat kayu warna jati, BioColours.

aplikasi cat kayu warna jati pada palet kayuBeberapa tahun terakhir bahkan sampai saat ini, furniture dengan bahan palet masih banyak digemari untuk menghiasi ruangan. Sering kita menjumpai di restauran atau cafe yang menggunakan palet untuk furniture dalam ruangan. Meja palet juga tak kalah artistik saat menghiasi living room untuk hunian.

Dahulu kayu palet hanya digunakan untuk bahan baku packing barang, namun seiring waktu palet digunakan untuk interior rumah seperti meja, rak, dll. Bahkan kayu palet saat ini banyak digunakan untuk hiasan interior untuk cafe seperti dinding ataupun meja. Meja yang menggunakan kayu palet terkesan unik dan industrial, sehingga cocok digunakan untuk hunian rumah bergaya kontemporer ataupun minimalis.

Meja menggunakan palet yang cerah lebih bagus digunakan untuk hunian rumah yang menginginkan ruangan terlihat lebih luas dan bersih. Palet kayu yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah jenis kayu jati belanda ataupun kayu pinus. Untuk memberikan tampilan seperti kayu jati, maka perlu diaplikasikan cat kayu warna jati.

Mengenal Lebih Dekat Karakteristik Kayu Jati Belanda

Kayu jati belanda seringkali digunakan sebagai bahan peti kemas. Palet inilah yang saat ini banyak diolah kembali menjadi berbagai macam furniture, desain interior dan juga kerajinan lainnya. Kayu yang berasal dari pohon pinus ini sangat murah dan dimanfaatkan sebagai peti kemas karena beratnya yang ringan. Kayu jati belanda tergolong jenis softwood yang memiliki serat sangat lembut. Jenis kayu ini juga sangat rentan terhadap serangga dan serangan jamur. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan proses pengawetan terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda bisa menggunakan produk BioCide Insecticide dan BioCide Wood Fungicide untuk proses pengawetan.

Kayu jati belanda biasanya berwarna putih cerah atau kekuningan. Oleh karena itu, saat terserang jamur blue stain akan sangat terlihat di kayu. Sangat disarankan untuk menyamarkan noda blue stain terlebih dulu sebelum dilakukan proses finishing. Anda bisa menggunakan produk beaching untuk menyamarkan noda blue stain, sehingga warna doreng kayu bisa tersamarkan. Gunakan produk White Agent (WA-250) untuk menyamarkan noda blue stain pada kayu atau menyamarkan kayu doreng.

Cara Aplikasi Cat Kayu Warna Jati Pada Meja Kayu Palet

Apabila furniture palet digunakan untuk dalam ruangan, sebaiknya menggunakan lapisan cat kayu warna jati yang aman dan ramah lingkungan. cat tersebut menggunakan bahan dasar air atau dikenal dengan cat water based. Cat water based sebenarnya bukanlah barang baru di Indonesia. Namun baru booming akhir-akhir ini, seiring banyak manufaktur cat di Indonesia mulai mengembangkan jenis cat ini. Salah satu cat water based yang dipastikan aman dan ramah lingkungan adalah cat BioColours dari Bioindustries. .

BioColours merupakan seri cat kayu water based yang sering digunakan oleh customer Bioindustries dari kalangan industri furniture untuk kebutuhan finishing furniture ekspor maupun lokal. BioColours tersedia dalam pilihan warna solid dan warna transparan.  Cat kayu warna jati merupakan salah satu pilihan warna di seri BioColours warna natural transparan. Cat yang baunya tidak menyengat ini menggunakan bahan water based acrylic yang telah disesuaikan dengan standarisasi keamanan internasional seperti US Enviromental Protection Agency dan Europe Chemical Agency. Sehingga cat ini tidak beracun, rendah VOC dan sangat aman diaplikasikan, bahkan untuk baby furniture sekalipun.

Penasaran seperti apakah proses finishing yang bisa Anda lakukan? Berikut ini langkah-langkahnya:

Siapkan alat dan bahan:

  • Spray gun, amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, Air, Wood Filler, BioColours Wood Stain, BioColours Sanding Sealer, BioColours Top Coat Gloss, gelas plastik untuk mencampur.

Cara Aplikasi :

  • Siapkan pallet yang sudah siap di-finishing yaitu kering dengan MC 12%, bersih dari kotoran atau debu dan memiliki permukaan yang sudah halus.
  • Aplikasikan Wood Filler dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu dengan cara di-scrab searah serat kayu. Tunggu kering sekitar 60 menit kemudian amplas dengan kertas amplas no. 240. Pastikan serat kayu mulai terlihat dan permukaan media kayu lebih halus.
  • Campurkan BioColours Wood Stain Red Teak dengan air perbandingan, 1 bahan : 1 air aduk hingga rata kemudian masukkan ke dalam tabung spray gun. Aplikasikan ke seluruh permukaan media kayu secara merata dan tunggu kering tanpa dijemur sinar matahari sekitar 30 menit.
  • Campurkan Sanding Sealer dengan BioColours Wood Stain Red Teak dan air perbandingan 4 : 1: 1 aduk hingga rata dalam gelas plastik. Semprotkan ke seluruh permukaan coffee table dan tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur panas matahari.
  • Campurkan Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray gun ke seluruh permukaan media kayu kembali dan tunggu kering sekitar 60 menit. Setelah kering lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 400.
  • Langkah terakhir adalah aplikasikan BioColours Top Coat Gloss dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, aduk hingga rata dan aplikasikan pada permukaan kayu. Anda bisa mengulangi aplikasi Top Coat hingga mendapatkan hasil yang di-inginkan. Tunggu hingga kering.

Itulah langkah mudah finishing kayu palet menggunakan BioColours. Produk ini kami rekomendasikan karena mampu membuat penampilan coffee table dari kayu jati belanda tampak lebih natural. Mengapa aplikasinya menggunakan spray system? Alasan pertama adalah agar waktu aplikasi tidak berjalan terlalu lama terlebih jika Anda akan mengaplikasikannya dalam skala yang besar. Kedua adalah cara aplikasi spray system akan memberikan hasil yang lebih rata dan halus. Jadi jangan ragu untuk aplikasi menggunakan BioColours karena cara aplikasinya cepat dan memberikan hasil warna natural yang menarik.

Apa Kelebihan BioColours Wood Stain?

Berikut beberapa alasan mengapa produk BioColours Wood Stain kami rekomendasikan :

  1. Cepat kering

Dalam aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi, kecepatan kering selalu menjadi acuan. Untuk kecepatan kering sentuh dari BioColours Wood Stain Indoor hanya 10 menit sedangkan untuk kering amplas adalah 30-60 menit saja. Ini dipengaruhi karena formulanya yang didesain sebagai air drying system sehingga dapat kering sempurna dalam suhu udara bebas yang disesuaikan dengan kecepatan proses kerja industri finishing.

  1. Terdapat bahan anti jamur

Formula yang ada di dalamnya mengandung bahan anti jamur dan bebas dari formaldehyde dan merkuri sehingga tetap aman dan ramah lingkungan. Agar furniture lebih tahan lagi terhadap jamur dan rayap, Anda bisa menambahkan BioCide SFP pada saat aplikasi coating.

  1. Perlindungan terbaik

Kandungan formula BioColours ini mampu memberikan perlindungan kayu seperti kayu jati belanda secara maksimal. Suhu di dalam ruangan memang tidak terlalu ekstrim seperti di luar ruangan. Tetapi suhu di dalam ruangan terkadang memiliki tingkat kelembapan yang tinggi. Di sinilah peranan cat kayu BioColours akan berlaku secara maksimal. Dengan finishing close pore dan juga kandungan anti jamur yang dimiliki, kelembapan tidak akan mudah  mempengaruhi substrat kayu.

  1. Aman bagi manusia

Selain perlindungan bagi furniture, manusia yang menggunakan juga perlu dilindungi dari bahan kimia yang terkandung pada cat kayu. Bahan baku cat kayu yaitu resin hingga saat ini masih banyak digunakan adalah bahan beracun bagi tubuh manusia. Tetapi seiring dengan berkembanganya teknologi, manusia menciptakan produk cat kayu yang aman sehingga tidak berbahaya bagi manusia. Salah satu contohnya adalah cat BioColours ini.  Produk BioColours mengikuti standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental protection Agency) sehingga keamanannya sudah pasti terjamin bebas dari bahan kimia berbahaya.

  1. Cocok untuk furniture standar ekspor

BioColours merupakan cat kayu water based yang diformulasikan sesuai standar internasional seperti US-EPA dan ECHA-Reach Regulation. Sehingga produk furniture yang di-finishing menggunakan BioColours bisa masuk ke pasar internasional yang mensyaratkan penggunaan cat yang ramah lingkungan, seperti negara-negara Eropa, AS, Jepang, dll.

Dapatkan Cat Kayu BioColours Wood Stain Warna Jati Di Sini

BioColours sangat bagus untuk finishing dengan tampilan natural kayu seperti warna jati baik pada media kayu, MDF, Plywood, rotan, bambu dan serat alam lainnya. Sebab, cat ini memiliki fitur dengan daya rekat film yang kuat, transparansi warna yang bagus, mudah diaplikasikan, dapat diaplikasikan dengan cara kuas atau semprot dan tahan air.

Gunakan cat kayu warna jati dengan bahan yang aman dan ramah lingkungan untuk pengecatan hasil maksimal. Untuk mendapatkan informasi dan pemesanan BioColours, silahkan menghubungi kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0879 3934 6433 atau 0822 2026 5056. Jika Anda tertarik untuk menjadi agen Bioindustries di wilayah Anda, silahkan kontak ke no 0822 4338 0001. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 275 orang responden
%d bloggers like this: