Cat Kayu Untuk Finishing Warna Recycle Vintage

Finishing cat kayu water based ini bertujuan untuk membuat warna kayu Recycle Vintage dengan hasil akhir death matt.

cat kayuVintage furniture/furniture vintage mampu menghadirkan nuansa yang menarik, unik serta romantis dalam desain interior rumah. Furniture jenis ini ternyata masih menjadi salah satu trend furniture di 2017-2018. Warna-warna vintage masih mencuri perhatian dunia furniture dan desain interior.

Namun sayangnya menemukan furniture yang lawas dengan kualitas bagus dan harga bersahabat tidaklah mudah. Rata-rata furniture jenis recycle vintage berharga sangat mahal, karena bahan bakunya pun cukup mahal.

Bioindustries menjawab tantangan ini dengan mengeluarkan seri produk cat kayu untuk finishing recycle vintage. Menggunakan teknik faux-finish, aplikasi finishing ini mampu menciptakan tampilan akhir warna kayu akan terlihat seperti halnya kayu lawas yang eksotik. Sehingga mahalnya harga kayu lawas eksotik bisa diatasi dengan teknik finishing ini.

Lantas, produk apa sajakah yang digunakan untuk aplikasi ini? Aplikasi finishing recycle vintage membutuhkan seri cat kayu water based wood coating dari Bioindustries, yaitu seri BioColours. Detail produknya yaitu, BioColours Primer colours, BioColours Glaze, BioColours Topcoat deathmatt finish.

Bagaimanakah cara aplikasi dari teknik finishing warna recycle vintage ini? Berikut tahap-tahap aplikasi :

Coating Process Finishing Warna Recycle Vintage Menggunakan Cat Kayu BioColours

finishing recycle vintageTahap yang pertama, siapkan media kayu yang akan difinishing. Gunakan amplas no. 120 untuk menghaluskan media kayu. Amplas permukaan media kayu searah serat sampai benar-benar halus dan rata. Selain itu, pastikan bahwa media kayu benar-benar kering (MC ≤ 12%). Bersihkan pula permukaan media kayu dari debu, kotoran dan bekas minyak yang akan mengganggu penetrasi bahan cat atau coating.

Langkah selanjutnya, ambil BioColours Primer Colours sesuai warna yang di-inginkan. Jika yang diharapkan adalah paduan warna biru dan kuning, siapkan dua warna tersebut. Kemudian aplikasikan menggunakan scrap atau pisau palet. Aplikasikan satu warna terlebih dahulu, tunggu hingga kering. Setelah itu baru aplikasikan warna lainnya dengan cara dikuaskan atau lap secara acak di spot-spot tertentu, sesuai yang di-inginkan. Biarkan agak kering, kemudian amplas menggunakan amplas no 400.

Berikutnya, siapkan BioColours Topcoat Matt. Larutkan dengan air, perbandingan 1:1. Aplikasikan dengan cara di-spray. Tunggu hingga permukaan media kayu kering. Selanjutnya, larutkan BioColours Glaze black atau warna lain yang diharapkan, ratio 1:5. Aplikasikan dengan kuas, kemudian bersihkan dengan lap. Tunggu hingga kering. Langkah terakhir adalah aplikasi BioColours Topcoat deathmatt untuk hasil tampilan akhir deathmatt. Aplikasikan dengan cara dikuas atau di-spray.

finishing warna recycle vintageItulah proses aplikasi finishing warna recycle vintage pada furniture kayu. Selain pada furniture kayu, teknik finishing ini bisa diaplikasikan pula pada partikel board dan material turunan kayu lainnya. Sangat simpel untuk digunakan, teknik ini bisa diaplikasikan baik untuk skala industri maupun untuk mereka yang hobi kayu, bahkan ibu rumah tagga yang ingin membuat furniture-nya terkesan vintage. Karena produk-produk yang digunakan aman dan sangat mudah untuk diaplikasikan.

Untuk mendapatkan produk BioColours, Anda bisa mendapatkannya di Bioindustries secara langsung di Bio service point Jogja, maupun Bio service Jepara dan Cirebon. Anda juga bisa mendapatkan produk tersebut secara online dengan menghubungi customer service Bioindustries via no 0878-3934-6433 atau no 08222-2026-5056. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 555 orang responden
%d bloggers like this: