Cat Kayu Terbaik Untuk Finishing Furniture Anak - Bioindustries

Cat Kayu Terbaik Untuk Finishing Furniture Anak

Furniture Anak berbahan kayu membutuhkan lapisan cat yang aman. Finishing kayu water based menggunakan cat kayu terbaik Biovarnish bisa menjadi solusi untuk menghasilkan furniture yang aman bagi anak.

wooden kids furnitureBaby furniture dan furniture untuk anak-anak membutuhkan perhatian lebih dalam proses produksinya dibanding furniture biasa. Karena target pemakainya adalah anak-anak, sebisa mungkin bahan yang digunakan dalam proses produksi harus dipastikan aman untuk anak-anak, termasuk bahan finishing yang digunakan.

Namun, tahukah Anda bahwa bahan finishing yang digunakan untuk melapisi furniture bisa membahayakan anak Anda? Secara umum, furniture anak dilapisi dengan bahan finishing berupa cat, baik warna natural maupun warna solid. Kandungan bahan kimia berbahaya dalam cat inilah yang harus diwaspadai.

Lebih selektif dalam memilih furniture dengan cat yang aman harus menjadi perhatian lebih bagi orang tua. Memastikan bahwa furniture yang dipilih menggunakan bahan finishing kayu / cat kayu terbaik yang aman seperti cat water based bisa menjadi solusi efektif. Ini tentu saja menuntut peran aktif Anda sebagai orang tua.

Kandungan Cat Berbahaya Yang Harus Diwaspadai

Cat adalah salah satu jenis bahan kimia yang tidak bisa kita hindarkan dari kehidupan kita sehari-hari. Masyarakat secara umum menggunakan bahan solvent seperti thinner atau spiritus untuk melarutkan cat. Padahal, kedua bahan tersebut memiliki efek tidak baik bagi kesehatan manusia. Dikutip dari U.S National Library of Medicine, spiritus bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti kesulitan bernafas.

Untuk lebih jelas mengenai bahaya cat, maka kita perlu mengetahui kandungan bahan berbahaya yang terkandung dalam cat solvent based. Berikut beberapa zat berbahaya yang perlu diwaspadai dalam cat berpelarut solvent :

  • Formalin

Formalin merupakan senyawa formaldehida yang seringkali digunakan untuk pengawet mayat, mencegah korosi pada besi, pembasmi serangga, dll. Senyawa berbahaya ini seringkali ditemukan dalam kadar yang melebihi ambang batas yang ditetapkan untuk kesehatan.

Ciri cat yang mengandung formaldehyde bisa dilihat dari baunya yang pedas. Cobalah buka lemari pakaian anak Anda. Jika keluar bau pedas saat lemari dibuka, waspadalah. Bisa jadi cat yang digunakan memiliki kandungan formaldehyde melebihi ambang batas yang ditetapkan. Apabila kadar formalin di udara lebih dari 0.1 mg/kg maka akan menimbulkan pusing, keluar air mata, sakit tenggorokan, sesak nafas. Cek kadar formalin pada kemasan cat. Pilih cat yang tidak mengandung formalin.

  • Timbal

Timbal merupakan jenis logam yang memiliki kandungan beracun. Timbal sering ditemukan pada cat berpelarut solvent. Efek timbal pada kesehatan akan menimbulkan gangguan seperti anemia, rusaknya saluran pencernaan, kematian janin waktu lahir, epilepsi, halusinasi, peningkatan permeabilitas pembuluh darah.

  • Merkuri

Merkuri merupakan logam dengan warna keperakan yang memiliki kandungan toxic. Logam berat ini juga seringkali ditemukan dalam cat berpelarut solvent. Penyebaran toxic merkuri bisa melalui pernapasan. Merkuri akan mengganggu sistem pencernaan dan sistem syaraf. Syaraf yang sudah terkena merkuri ini akan menyebabkan parkinson dan tremor, serta bisa menyebabkan cacat pada otak janin.

Biovarnish, Cat Kayu Terbaik Untuk Finishing Furniture Anak

cat kayu terbaik

Finishing kayu water based saat ini dianggap tepat untuk melindungi kesehatan manusia dibanding cat solvent based. Biovarnish merupakan cat water based yang bisa menjadi solusi terbaik untuk finishing furniture anak yang aman. Seri produk Biovarnish memenuhi kriteria cat kayu yang aman karena tidak mengandung formalin, merkuri bahkan timbal. Cat tanpa kandungan toxic ini diformulasikan dengan mengacu pada standar regulasi ECHA dan US EPA.

Biovarnish hadir dalam tiga seri produk, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Biovarnish Wood Filler berfungsi untuk menutupi cacat tekstur dari permukaan media kayu, menutup pori-pori kayu besar dan untuk menghasilkan finishing akhir close pore. Biovarnish Wood Stain berfungsi sebagai pewarna dalam proses finishing kayu dengan hasil warna yang tajam dan cerah, serta tranparansi warna yang bagus. Biovarnish clear coat berfungsi sebagai penutup akhir lapisan film (sebagai topcoat) dan untuk memberikan efek glossy pada hasil finishing.

Untuk mendapatkan produk cat kayu terbaik Biovarnish, silahkan hubungi Customer Service Bioindustries ke no 0822-2026-5056 dan 0878-3934-6433 (phone, sms, wa). Jika Anda berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya, silahkan berkunjung ke Bio Service Point Jogja. Untuk Anda yang berdomisili di daerah Jepara, silahkan menghubungi Bio Service Point Jepara. Sedangkan untuk Anda yang berdomisili di wilayah Cirebon, silahkan menghubungi Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 271 orang responden
%d bloggers like this: