Cat Kayu Paling Bagus Untuk Finishing Garden Furniture

Finishing garden furniture berbahan kayu memerlukan bahan finishing/cat kayu paling bagus untuk memastikan fungsi perlindungan dan estetikanya berjalan optimal.

teak garden furniture warna natural transparanFinishing garden furniture memerlukan bahan finihsing yang memiliki kemampuan untuk bisa melindungi bahan kayu dari terpaan langsung cuaca, seperti panas, hujan, debu dan angin serta serangan serangga. Oleh karena itu, diperlukan bahan finishing yang berkualitas tinggi. Anda bisa memilih cat kayu paling bagus untuk finishing garden furniture ini, baik yang berbasis solvent maupun cat water based.

Terdapat banyak varian produk wood coating yang berbasis water based, di antaranya produk water based Bioindustries. Perusahaan ini mengeluarkan seri wood coating yang cukup lengkap, diantaranya seri produk Biovarnish untuk finishing indoor maupun outdoor furniture. Bahan finishing water based ini hadir dengan berbagai keunggulan, diantaranya tidak berbau dan tidak beracun, aplikasi mudah, bisa dilakukan dengan kuas maupun semprot, lebih mudah masuk ke pori-pori kayu, tidak menimbulkan brush marking, transparansi warna bagus, tahan air dan tahan cuaca.

Dengan berbagai keunggulan di atas, seri produk Biovarnish recomended untuk diaplikasikan dalam finishing garden furniture. Berikut akan kami contohkan proses aplikasi finishing garden furniture menggunakan eri produk Biovarnish, salah satu bahan finihsing water based dari Bioindustries. Hasil finishing yang diharapkan adalah finishing warna natural trasparan yang memperlihatkan keindahan struktur dan serat kayu.

Biovarnish, Cat Kayu Paling Bagus Untuk Finishing Kayu Warna Natural

Proses finishing yang dilakukan berfungsi untuk menyeragamkan warna kayu sesuai warna yang diinginkan serta memberikan perlindungan pada kayu. Material finishing yang digunakan adalah seri lengkap Biovarnish, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Walnut Brown dan Biovarnish Clear Coat. Sebelum dimulai, siapkan terlebih dahulu media kayu yag akan difinishing dan pastikan kayu dalam kondisi kering sempurna (MC ≤ 12%). Bersihkan kayu dari minyak, debu dan kotoran yang bisa mengganggu proses penetrasi bahan coating ke dalam substrat kayu. Amplas permukaan kayu searah serat menggunakan kertas amplas no 120 sampai benar-benar halus dan rata.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna kayu (tersedia warna jati dan mahoni) untuk menutup pori dan cacat pada media kayu. Tambahkan air bersih secukupnya, aduk perlahan-lahan hingga homogen. Aplikasikan larutan tersebut menggunakan pisau kape ke permukaan kayu atau bisa juga hanya untuk engisi pori-pori atau cacat kayu. Aduk larutan sebelum dan selama proses aplikasi.

Tunggu hingga kering (kira-kira 10 menit), kemudian lakukan pengamplasan searah serat pada seluruh permukaan media atau pada bagian yang diaplikasikan wood filler hingga rata dan halus. Pastikan proses pengamplasan dilakukan maksimal, hingga wood filler yang tertinggal adalah yang di dalam pori-pori.

finishing garden furniture warna natural transparan bisa dilakukan dengan cat kayu paling bagus, Biovarnish.Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Pilih cat kayu paling bagus Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang di-inginkan, misalnya warna walnut brown. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain untuk memperoleh warna yang diinginkan. Jika dirasa perlu tambahkan air bersih sebanyak 20% atau sesuai kebutuhan untuk menurunkan kepekatan warna. Aduk larutan hingga homogen. Aplikasikan larutan ini menggunakan sistem kuas atau spray sesuai alat yang dimiliki. Tunggu hingga kering, kira-kira 30 menit. Tidak disarankan untuk dijemur langsung menggunakan matahari. Amplas ambang menggunakan kertas amplas no 400. Ulang aplikasi ini sekali lagi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Pilih Biovarnish Clear Coat sesuai tingkat glossy yang diharapkan (tersedia glossy dan doff). Aplikasi clear coat ini berfungsi untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir sesuai tingkat glossy yang diharapkan. Tambahkan air bersih dengan rasio 2:1. Aduk pelan sampai tercampur rata. Lakukan pengadukan sebelum dan selama aplikasi dilakukan.

Aplikasikan larutan tersebut menggunakan kuas atau spray hingga dihasilkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kira-kira 20 menit untuk kering sentuh. Untuk kering packing, biarkan selama 24 jam. Untuk kering full curing, biarkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh tidak disarankan untuk melakukan penjemuran atau dikeringkan dengan oven pada suhu di atas 320C. Penjemuran atau oven dapat dilakukan setelah proses kering sentuh.

Demikianlah proses aplikasi finishing garden furniture menggunakan cat kayu paling bagus, yaitu seri produk Biovarnish, salah satu produk water based wood coating dari Bioindustries. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 428 orang responden
%d bloggers like this: