Bioindustri Omnipresen

Blog

Cat Kayu Duco Water Based Bioduco

Finishing kayu warna solid bisa dihasilkan dengan menggunakan cat kayu duco water based seperti cat Bioduco.

finishing furniture kayu warna solid menggunakan cat duco solid biocolours

Peranan cat kayu water base di dunia saat ini telah meningkat. Tetapi kesadaran penggunaan cat kayu water based di Indonesia masih kurang. Kurangnya kesadaran ini karena penggunaan cat solvent di Indonesia masih mendominasi. Banyak orang beranggapan bahwa cat kayu solvent memiliki hasil yang lebih baik dari ketahanan maupun dari segi penampilan. Padahal cat kayu water based tidak kalah baik dengan cat solvent.

Merk cat water based yang cukup berpengaruh di Indonesia adalah cat Bioduco dan cat duco dari Bioindustries. Hampir 15 tahun cat cat Bioduco digunakan oleh industri furniture, terutama industri furniture yang ekspor produk ke Eropa, Amerika termasuk Jepang, negara-negara yang notabene sangat ketat regulasinya terhadap barang-barang yang masuk ke negaranya.

Produk cat yang masuk ke dalam  kawasan ekspor pasti memiliki kualitas yang dibutuhkan oleh negara tersebut. Di negara-negara tersebut, cat yang aman dan ramah lingkungan lebih diutamakan dibandingkan hanya penampilannya saja. Cat kayu Bioduco adalah cat yang dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (United States Enviromental Protection Agency).

Dalam regulasi ECHA telah dilarang penggunaan 82 jenis bahan kimia seperti formalin, toluene, merkuri dan juga timbal bahkan VOC (Volatile Organic Compound). Bedanya jika kandungan VOC dibatasi pemakaiannya karena VOC adalah bahan dasar yang penting dalam membuat cat. Dalam regulasi US EPA penggunaan VOC dibatasi maksimal 300 gr per liternya sedangkan kandungan VOC yang ada dalam cat duco Bioduco hanya 50 gr per liternya. Kandungan VOC yang sangat rendah tersebut tidak akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia bahkan polusi di dalam udara.

Inovasi Penting Dari Cat Kayu Duco Bioduco

pilihan warna cat duco Bioduco

Selain masalah keamanan, cat kayu duco Bioduco juga melakukan banyak inovasi lain hingga produk yang difinishing dengan cat tersebut bisa masuk ke negara-negara beregulasi ketat. Inovasi ini dilakukan agar banyak keuntungan yang akan didapatkan para pengguna bahan finishing di semua kalangan.

Cat kayu Bioduco memiliki 24 pilihan warna. Pilihan warna yang tajam akan memudahkan Anda untuk mengaplikasikannya pada berbagai macam gaya hunian nyaman. Warna yang diberikan akan menutup warna asli material baik itu kayu, bambu dan juga rotan.

Selain penampilan, cat kayu duco Bioduco juga akan memberikan perlindungan yang mungkin tidak akan Anda dapatkan dari produk yang lain. Serat alam memiliki pori yang sangat mudah dibuat sarang oleh rayap dan tempat pertumbuhan jamur. Cat duco Bioduco akan mencegah hal tersebut karena telah dilengkapi dengan bahan anti jamur dan anti rayap.

Lapisan film yang dibentuk sangat kuat dan lentur. Lapisan film akan menyesuaikan ukuran material pada saat terkena panas dan hujan. Perubahan cuaca yang ekstrim tidak akan menimbulkan kerusakan pada material kayu. Karena kelenturannya, cat duco Bioduco ini juga tahan goresan, apabila Anda akan menggunakannya  pada furniture heavy duty maka akan terjaga penampilannya.

Cat kayu warna solid Bioduco ini dapat digunakan pada furniture indoor maupun outdoor. Seperti pada furniture teras, pagar kayu, gazebo, patio dan juga railing balkon.

Cara Aplikasi Cat Kayu Duco Bioduco

Aplikasi cat kayu duco Bioduco adalah menggunakan spray sytem. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika mengaplikasikan spray gun adalah ukuran nozle 1.0. Agar cat lebih masuk ke dalam pori-pori maka dalam aplikasinya harus dengan teknik menyilang. Aplikasi pertama secara vertikal dan aplikasi kedua secara horisontal. Cara aplikasi cat kayu duco Bioduco adalah berikut ini:

  1. Pastikan material kayu sudah bersih dan kering dengan MC kayu 12%. Kayu yang tidak kering akan menimbulkan jamur setelah aplikasi.
  2. Aplikasikan Bioduco Wood Putty dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering sekitar 20 menit lalu amplas hingga halus dengan kertas amplas no. 240.
  3. Aplikasikan Primer coat yang sudah dicampur dengan air secukupnya dan diaduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray gun dengan teknik cross cut, tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari sekitar 60 menit. Lalu amplas dengan kertas amplas no. 400 hingga mendapatkan permukaan yang halus dan rata.
  4. Campurkan Bioduco colour sesuai dengan warna pilihan dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Pastikan untuk mengaduk campuran hingga homogen baik sebelum pengecatan maupun selama pengecatan. Semprotkan seluruh bahan pada permukaan material hingga rata dengan teknik cross cut. Tunggu kering sekitar 60 menit tanpa dijemur pada panas matahari kemudian diamplas dengan kertas amplas no. 400.
  5. Langkah terakhir adalah mengaplikasikan Bioduco top coat. Anda bisa menggunakan clear coat gloss, semi gloss, doff, matt atau death matt. Campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aplikaskan dengan spray gun dengan teknik cross cut. Furniture akan kering sempurna apabila telah didiamkan selama semalaman.  Untuk pemakaian heavy duty misalnya untuk finishing outdoor yang terkena panas terik, sebaiknya Anda menggunakan jenis topcoat berbahan polyurethane, yaitu BioThane PU 3012.

Pentingnya Menggunakan Produk Water Based

Apa penyebab masyarakat Indonesia masih jarang menggunakan produk water based? Padahal produk water based sudah banyak digunakan di luar negeri. Jumlah pengguna produk cat water based di dunia lebih dari 80 persen. Padahal beberapa tahun yang lalu, 70 persen penduduk dunia masih menggunkan cat solvent, alkyd dan cat minyak.

Ketersediaan bahan cat yang hanya ketiga jenis produk tersebut membuat semua industri furniture dan rumah tangga menggunakannya. Hingga pada Perang Dunia ke II, ilmuwan  Otto Rohm dan Otta Haas berinisiatif menciptakan cat water based acrylic system. Penciptaan ini atas keprihatinan penggunaan cat solvent yang selama ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Di dalam cat kayu solvent terdapat banyak kandungan bahan kimia berbahaya bahkan beracun. Seperti formalin, timbal dan juga merkuri. Kandungan bahan kimia tersebut akan menguap dan akan dihirup oleh manusia.

Bahan kimia yang akan dihirup oleh manusia akan menegndap dalam saluran pernapasan bahkan bisa mengendap dalam paru-paru. Apabila cat sudah mengendap maka dapat menimbulkan penyakit kanker seperti kanker darah, kanker paru-paru dan kanker tenggorokan.

Ada baiknya Anda berpikir ulang untuk menggunakan cat solvent based dengan berbagai resiko yang ada. Sebaiknya beralih menggunakan cat water based baik untuk ranah industri maupun jika Anda menggunakannya hanya untuk hunian sendiri.

Cat water based atau cat kayu campuran air tidak berbau menyengat seperti yang Anda temukan dalam cat solvent. Bahkan pada saat pengeringannya hanya bahan air yang akan menguap bukan bahan kimia berbahaya. Jika cat solvent bahan yang menguap adalah thinner yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Cara Pemesanan Cat Duco Bioduco

Produk Bioduco dapat diaplikasikan pada berbagai jenis furniture berbahan kayu maupun bambu, particle board, rattan, bahkan natural fiber. Bioindustries juga menyediakan produk cat kayu untuk warna natural transparan dan jual antirayap dan serangga pengganggu kayu lainnya, maupun obat anti jamur kayu.

Untuk informasi produk lebih lanjut dan pemesanan, silahkan menghubungi customer care kami, baik di Bio Service Point Jogja, Jepara, Cirebon maupun agen-agen terdekat di kota Anda. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi kami via no 0878-3934-6433.

Saat ini Bioindustries juga sedang membuka kesempatan bagi siapapun yang mau bergabung menjadi agen produk Biovarnish, Orchid maupun produk Bioindustries lainnya. Untuk info keagenan Bioindustries, silahkan menghubungi no hotline di no 0822-4338-0001. Semoga bermanfaat.

tanya cs bio
Tanya Bio!