Cat Kayu Besi Tahan Air Untuk Pagar - Bioindustries

Cat Kayu Besi Tahan Air Untuk Pagar

Pagar berbahan kayu ataupun besi memerlukan cat kayu besi tahan air dan tahan cuaca untuk mempertahankan agar tetap menarik dan awet.

cat kayu besi tahan air orchid enamel paint untuk finishing pagar berbahan kayu dan besi

Sebelum tamu masuk ke dalam rumah dan melihat seluruh bagian rumah maka bagian rumah yang terlihat pertama kali adalah pagar di halaman rumah. Saat ini banyak sekali desain pagar yang menarik bahkan mengikuti perkembangan jaman.

Cara memasang pagar memang lebih rumit, maka perencanaan tentang pembuatan pagar harus dilakukan secara matang. Anda bisa melakukan riset dan gunakan waktu sebanyak mungkin untuk melihat-lihat desain pagar yang cocok digunakan pada halaman rumah Anda. Pahami fungsi dari pagar, material apa saja yang dapat digunakan dan fungsinya bahkan berat material juga harus dipertimbangkan.

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui dimana Anda akan meletakan pagar baru. Apakah Anda akan meletakannya di halaman depan atau akan meletakannya di halaman belakang. Jika Anda akan meletakanya di halaman rumah maka pagar perlu dibuat menarik sehingga sesuai dengan lingkungan sekitar.

Jika pagar digunakan di halaman belakang, maka dapat berfungsi untuk melindungi agar aman dari kendaraan bermotor di jalan. Mengetahui fungsi utama pagar akan membuat Anda lebih mudah untuk memilih jenis pagar seperti apakah yang paling cocok. Lalu jenis pagar seperti apakah yang Anda butuhkan?

Selain fungsi pagar, ada satu hal lagi yang perlu Anda pahami yaitu pemilihan cat yang digunakan. Anda perlu memilih cat kayu besi tahan air, tahan panas, tahan goresan bahkan memberikan perlindungan dari segala macam cuaca. Pentingnya pemilihan cat ini akan berhubungan dengan daya tahan cat. Daya tahan ini akan membuat pagar menjadi tahan lama dan berpenampilan seperti baru.

Macam-Macam Pagar

Untuk bahan pertimbangan maka Anda memerlukan beberapa contoh pagar. Bentuk atau model pagar sangat mempengaruhi keputusan dan gaya pagar yang Anda inginkan. Bahkan Anda juga bisa mengkombinasikan antara dua gaya atau lebih. Berikut ini beberapa desain pagar yang bisa Anda contoh:

  1. Chain Link

pagar model chain link butuh bahan finishing tahan cuaca

Desain pagar yang menggunakan bahan dari besi ini telah dilapisi dengan lapisan cat khusus besi. Untuk motif besi bisa dijalin dengan motif zig-zag dengan bentuk diamon. Pagar ini memiliki fungsi yang yang baik unutk menjaga anak-anak dan hewan peliharaan tidak keluar dari area pekarangan rumah. Tetapi pagar model ini kurang baik untuk keamanan dan privasi. Bentuknya yang mudah rusak sanagt mudah untuk dimasuki orang asing, dan jalinan besi yang transparan membuat oarang luar bisa melihat ke dalam area pekarangan rumah.

  1. Scallop

white scallop bisa dibuat dengan orchid white

Pagar rumah dengan bentuk scallop ini merupakan pagar dengan tipe yang bergelombang pada bagian atas. Pagar ini dibuat lebih untuk mengedepankan nilai estetika. Jadi Anda tidak bisa menggunakan pagar ini untuk fungsi keamanan dan privasi.

  1. Spaced

pagar model spaced

Pagar ini adalah variasi dari scallop. Bedanya, spaced memiliki ukuran lebih lebar. Pagar ini memiliki jarak satu dengan jarak yang lainnya lebih lebar. Pagar jenis spaced juga lebih mengedepankan estetika daripada fungsi proteksi.

  1. Split Rail

pagar model split rail

Pagar ini berbentuk seperti rel kereta, untuk variasinya tidak hanya bisa menggunakan dua jajaran (rel) pagar saja tetapi bisa diaplikasikan tiga bahkan lebih tergantung dengan keinginan Anda. Anda bisa memilih pagar dengan warna yang sama dnegan kusen, pada contoh gambar, Anda bisa memilih warna putih.

  1. Hewn log and branch

pagar model hewn logand branch

Pagar bisa juga dibuat dari material log kayu. Material ini lebih mudah karena Anda tidak perlu membentuk banyak kayu karena cukup menumpuk kayu menjadi pagar. Untuk finishingnya Anda bisa menggunakan warna natural atau warna solid.

  1. Wire

pagar model wire

Fungsi utama dari pagar jenis ini adalah untuk menjaga orang atau hewan masuk dan keluar area pekarangan rumah. Kayu biasanya menjadi tiang yang menghubungkan antara besi lentur. Biasanya tinggi pagar berukuran tiga hingga empat meter.

  1. Basket weave

pagar model basket weave

Pagar jenis ini termasuk katagori pagar dekoratif dan dapat menjaga privasi Anda ketika berada di dalam rumah.  Pagar jenis ini memang sangat jarang digunakan karena menggunakan tiang metal yang ditanam untuk penyangga jalinan vinyl, fiber atau kayu.

Jenis Material yang Biasa Digunakan Untuk Pagar

Sebelum masih ke dalam pemilihan bahan finishing maka sebaiknya Anda mengetahui material apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat pagar. Berikut penjabarannya:

  1. Kayu

pagar kayu membutuhkan coating yang kuat

Material kayu yang paling sering dan banyak digunakan untuk pagar karena kayu lebih mudah ditemukan, mudah dibentuk dan juga di finishing. Kayu yang digunakan sebagai pagar bisa bertahan dari 15 hingga 20 tahun. Pagar kayu dapat memberikan privasi dan dekorasi tergantung dengan model yang ingin diperlihatkan.

  1. Steel

pagar besi membutuhkan cat yang mampu menahan karat seperti orchid enamel paint

Besi baja adalah material yang mahal tetapi sangat kuat dan juga memberikan tingkat keamanan yang tinggi. Meterial ini tidak membutuhkan banyak perawatan cukup difinishing saja pada awal penggunaan pagar.

  1. Batu bata

pagar bata coating

Pemilihan batu bata sebagai pagar adalah ekonomis. Pagar dengan batu bata memiliki keamanan yang paling tinggi dan sangat kuat. Batu bata tidak memerlukan perawatan khusus seperti material lainnya. Batu bata bisa memberikan Anda privasi yang tinggi karena Anda bisa melakukan banyak kegiatan di dalam rumah bahkan pesta kebun.

Yang perlu diperhatikan ketika menggunakan  pagar batu bata adalah pembuatan pondasi yang kuat karena jika tanah di tempat berdirinya pagar tidak kuat, batu bata yang disusun mudah ambruk. Selain itu, Anda bisa memperkuat dengan mengaplikasikan bahan coating.

  1. Kaca

Material kaca sering digunakan sebagai pagar yang mengelilingi kolam renang. Kaca tidak memiliki keamanan dan privasi karena material ini transparan dan mudah untuk dipanjat. Penggunaan kaca sebagai pagar akan menambah nilai estetika sesuai dengan gaya rumah.

  1. Bambu

Bambu adalah material yang termasuk katagori rumut-rumputan. Fungsi utama bambu yang dijadikan pagar adalah fungsi dekoratif. Bambu tumbuh dengan cepat dan salah satu khas tanaman Asia. Bambu memiliki daya tahan yang baik, mudah untuk dirawat dan juga memiliki kekuatan yang tinggi.

Rekomendasi Bahan Finishing yang Cocok Untuk Pagar Kayu ataupun Besi

Jenis pagar yang memerlukan bahan finishing adalah material besi, bambu, kayu, metal, baja. Bahan finishing berfungsi untuk melindungi pagar yang memiliki material tersebut lebih dari panas, hujan, kelembapan, jamur dan serangga. Salah satu produk cat yang memiliki kelengkapan dalam melindungi pagar tersebut adalah cat kayu besi tahan air Orchid. Cat yang digunakan untuk pagar ini cukup dioleskan dengan kuas saja dua atua tiga kali hingga didapatkan warna yang sesuai.

Cat kayu besi Orchid sudah dilengkapi dengan bahan anti jamur, anti serangga, anti karat dan lapisan film yang dibentuk kuat menjaga pagar lebih tahan lama. Kekuatan perlindungan bisa bertahan hingga lebih dari tiga tahun. Pilihan warna pun sangat bervariasi dan terdapat 24 jenis pilihan warna. Warna-warna solid dari cat kayu besi tahan air Orchid enamel paint seperti warna merah, biru, kuning, orange, hijau dan warna lainnya bisa Anda sesuaikan dengan gaya yang diinginkan.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 546 orang responden
%d bloggers like this: