Cat Kayu Besi Bebas Brush Marking, Orchid Enamel Paint - Bioindustries

Cat Kayu Besi Bebas Brush Marking, Orchid Enamel Paint

Proses finishing atau pengecatan pada furniture berbahan kayu, bambu dan serat alam difungsikan untuk meningkatkan proteksi dan estetikanya. Tetapi bagaimana jika tampilan dari furniture tersebut memiliki efek brush mark. Padahal dengan adanya brush mark pada furniture akan memberikan tampilan tidak rata terlebih jika Anda menggunakan warna solid. Oleh karena itu dibutuhkan cat kayu besi bebas brush marking.

cat kayu besi warna solid, orchid enamel paintEfek brush mark pada finishing warna solid akan sangat kelihatan. Bekas sapuan kuas tersebut bisa merusak tampilan furniture Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui penyebab timbulnya brush marking pada hasil finishing. Paling tidak, saat kita mengetahui penyebabnya, kita bisa meminimalisir terjadinya brush marking pada hasil finishing.

Penyebab Timbulnya Efek Brush Mark

Jika Anda mendapati efek brush mark pada sebuah furniture bukan tanpa alasan. Efek brush mark sangat mudah didapati jika pada saat melakukan proses finishing tidak mengikuti aturan yang telah disarankan oleh produsen cat. Atau Anda belum mengetahui teknik finishing yang benar. Berikut ini beberapa alasan Anda akan menemui efek brush mark pada furniture:

  1. Cat terlalu tebal

Tampilan dari furniture akan mudah mengalami brush mark apabila cat diaplikasikan terlalu tebal. Mungkin Anda merasa kurang yakin dengan warna cat hingga mengaplikasikanya terlalu tebal. Padahal hal itu akan bekerja sebaliknya Anda akan mendapati brush mark pada permukaan media kayu dan hasilnya cat yang tidak rata dengan bekas sapuan kuas yang jelas.

  1. Pengecatan dilakukan setengah kering

Jangan melakukan finishing setengah kering. Melakukan finishing setengah kering hanya akan menghasilkan furniture dengan brush mark yang banyak. Bahkan tidak hanya brush mark, cat juga akan menggumpal ketika Anda melakukan pengecatan lapisan selanjutnya.

  1. Salah Mencampur

Anda bisa saja salah memberikan takaran bahan pelarut. Selalu ikuti jumlah takaran yang tepat yang dianjurkan dalam kemasan cat. Jika Anda memberikan bahan pelarut terlalu banyak maka cat akan terlalu kental dan sulit untuk diaplikasikan. Hal ini bekerja juga sebaliknya apabila bahan pelarut yang diberikan terlalu sedikit maka cat akan terlalu encer dan memudahkan timbulnya aliran cat.

  1. Salah Menggunakan Jenis Kuas

Anda harus memilih kuas yan tepat mulai dari ukuran dan juga bahan serta bentuk kuas. Sebaiknya selalu gunakan kuas yang baru dan bukan yang lama. Terlebih lagi Anda menggunakan kuas untuk warna putih dengan kuas bekas warna solid. Bisa saja bekas warna solid akan luntur pada lapisan coating. Selain itu jangan gunakan kuas yang sudah kaku karena bulu kuas akan rontok dan menempel pada lapisan coating.

  1. Formula bahan cat

Kualitas formula harus Anda pertimbangakn karena walaupun Anda sudah menggunakan kuas yang baik, campuran bahan pelarut yang tepat, tetapi jika Anda menggunakan cat berkualitas rendah maka efek brush mark akan tetap timbul. Anda bisa memilih cat dengan harga yang mahal karena kualitas sudah pasti terjamin premium dan bebas brush mark seperti cat kayu besi Orchid.

Finishing Bebas Brush Mark Dengan Cat Kayu Besi Berkualitas, Orchid

cat kayu besi aman dan non toxin, orchidFinishing hasil akhir bebas brush mark sebenarnya bisa Anda dapatkan dengan mudah. Hal tersebut yang menjadi tujuan Anda dalam melakukan proses recoating dengan produk berkulitas seperti cat kayu besi Orchid. Anda bisa mengaplikasinannya pada semua jenis produk olahan berbahan kayu, besi, alumunium, bambu, rotan, dll. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

Orchid enamel paint merupakan cat kayu besi yang aman dan ramah lingkungan dengan kualitas yang mendekati hasil aplikasi step lengkap duco solid. Dengan pelarut air, Anda bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli thinner atau jenis pelarut organik lainnya.

Untuk lebih memudahkan memahami proses aplikasinya, berikut akan dicontohkan aplikasi cat enamel Orchid. Sebelumnya, silahkan sediakan bahan-bahan berikut:

  • Cat kayu besi Orchid dengan pilihan warna sesuai selera. Silahkan pilih di color swatch.
  • Air bersih
  • Gelas plastik dan pengaduk
  • Kuas berbulu halus ukuran 3 inci
  • Amplas alumunium oxide no. 400
  • Kain katun bersih dan kering warna putih

Cara menggunakan cat kayu besi Orhcid:

  1. Persiapkan substrat kayu atau material besi yang kering. Untuk kayu pastikan MC kayu 12% untuk mencegah timbulnya jamur dan juga pastikan permukaan material bersih tidak ada debu amplas atau kotoran lainnya. Untuk aterial besi, pastikan sudah mengamplas bersih karat yang ada di permukaan besi.
  2. Campurkan bahan cat kayu besi Orchi dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air dalam gelas plastik dan aduk hingga rata. Kuaskan satu arah pada seluruh permukaan material. Aplikasi menyilang akan menimbulkan brush mark dan aplikasikan tipis-tipis saja karena Anda bisa mengulanginya nanti.
  3. Tunggu material hingga kering dengan suhu udara saja tanpa dijemur dan terkena panas matahair secara langsung. Proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit.
  4. Setelah kering lakukan pengamplasan ambang hingga permukaan menjadi lebih halus dan rata.
  5. Lakukan pengecatan ulang menggunakan cat Orchid enamel. Anda bisa mengulangi tahapan pengecatan sekitar dua hingga tiga kali.

Note : untuk aplikasi pada bahan non besi, Anda bisa mengaplikasikan produk primer coat sebelum aplikasi orchid untuk memperoleh hasil yang cepat close pore dengan hasil lebih maksimal.

Proses Recoating dengan Cat Kayu Besi Orchid Bebas Brush Mark

color swatch orchid enamel paintAplikasi bebas brush mark tidak hanya dapat diaplikasikan pada furniture pertama kali tetapi juga dapat diaplikasikan pada saat proses recoating. Lalu apakah Anda akan mendapatkan proses bebas brush mark pada saat proses recoating? Anda bisa mengikuti langkahnya berikut ini.

  • Persiapkan alat seperti amplas alumunium oxide no. 240 dan 400, air bersih, warna cat kayu besi Orchid sesuai dengan warna yang lama, kain katun bersih dan kering, gelas plastik dan juga kuas.
  • Amplas media kayu dengan kertas amplas no. 240 hingga brush mark menghilang. Lap hingga debu amplas hilang.
  • Campurkan cat kayu besi Orchid dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk dalam gelas plastik hingga halus. Kuaskan satu arah saja tipis-tipis hingga merata tanpa ada brush mark.
  • Lakukan pengeringan tanpa dijemur pada panas matahari langsung atau dengan suhu udara saja.
  • Setelah kering lakukan pengamplasan ambang dengan kertas amplas npo. 400 hingga permukaan menjadi halus dan rata.
  • Setelah itu lakukan pengecatan ulang sekali lagi dan tunggu kering.

Hasil mengecat dengan cat kayu besi Orchid akan memberikan tampilan yang gloss. Sehingga furniture Anda yang difinishing dengan warna solid juga akan mendapatkan kesan mewah dan mahal.

Tidak Hanya Brush Mark, Cat Kayu Besi Orchid Juga Memberikan Proteksi Yang Terbaik

Dalam menciptakan furniture berkualitas tidak hanya masalah tampilan khususnya bruhs mark saja yang harus diperhatikan. Ada banyak faktor yang lain yaitu dari segi perlindungan. Faktor perlindungan inilah yang akan menentukan apakah furniture dapat bertahan lama atau tidak.

Perlindungan yang diberikan oleh cat kayu bersi Orchid meliputi tahan cuaca, tahan air dan panas, anti jamur, anti rayap dan juga anti rayap. Berbagai macam gangguan luar tersebutlah yang biasanya menimbulkan kerusakan pada furniture baik itu yang berbahan kayu, bambu, serat alam dan juga besi. Maka produk cat kayu besi Orchid menjadi pilihan tepat sebagai bahan finishing yang recomended sebelum furniture di rumah terlanjur rusak.

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 554 orang responden
%d bloggers like this: