Cat Berbahaya Pada Mainan Anak diganti dengan Cat Ramah Lingkungan - Bioindustries

Cat Berbahaya Pada Mainan Anak diganti dengan Cat Ramah Lingkungan

cat air untuk mainanCat berbahaya sudah tersebar di semua penjuru. Salah satunya adalah mainan anak. Sudah menjadi issue lama jika mainan anak terkontaminasi oleh bahan cat berbahaya. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengumumkan penemuan zat berbahaya terkandung dalam mainan edukasi anak yang banyak dijual bebas di pasar Indonesia, terutama di Ibu Kota Jakarta. Zat-zat berbahaya bagi kesehatan anak yang terkandung dalam mainan seperti timbal (Pb), merkuri (Hg), cadmium (Cd) dan chromium (Cr). Semua bahan berbahaya itu terkandung di dalam cat dengan campuran-campuran zat kimia berbahaya. Akibatnya, mainan yang seharusnya menjadi edukasi dan hiburan untuk anak, justru bisa membahayakan kesehatan, menghambat perkembangan  hingga berakibat pada masa depan anak.

Solusi terbaik dari permasalahan ini adalah mengganti cat tiner dengan cat ramah lingkungan berbahan campuran air. Agar mainan tetap memiliki segudang manfaat seperti menjadi alat edukatif anak,  merangsang motorik anak, dan merangsang kreatifitas anak, yang terpenting adalah keamanan mainan untuk anak-anak. Lalu, bagaimana mengganti cat berbahaya pada mainan dengan cat ramah lingkungan? Ada baiknya jika Anda mengecat ulang mainan anak yang awalnya  bercat berbahaya dengan cat ramah lingkungan yaitu cat air. Selain aman, cat air mudah di aplikasikan secara langsung sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.


Berikut ini adalah Empat jenis logam berat berbahaya yang perlu Anda kenali serta bahaya-bahaya yang ditimbulkannya:

Timbal (Pb)

– Menyebabkan gelisah, lemas, dan depresi, merusak sistem pencernaan, rasa mual, sakit perut disertai diare.
– Merusak sistem saraf pusat sehingga mati rasa dan vetigo. Gejala yang berat mencakup paralis beberapa kelompok otot  sehingga menyebabkan pergelangan tangan dan kaki terkulai, kemudian akan diikuti dengan kejang-kejang dan koma.

Merkuri (Hg)

– Menyebabkan kerusakan keseimbangan, tuli dan gangguan lainnya, bronkitis, paru-paru rusak dan menyebabkan gagal ginjal.

Krom (Cr)

– Menyebabkan kanker paru-paru, kerusakan hati dan ginjal. Jika kontak dengan kulit menyebabkan iritasi dan jika tertelan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah.

Kadmium (Cd)

– Merusak pembuluh darah. Tekanan darah yang menjadi tinggi bisa menyebabkan terjadinya gagal jantung dan kerusakan ginjal.

 

BAgaimana Anda bisa mengenali cat mainan anak berbahaya atau tidak?

MAri kita lihat perbedaannya :

1. Sekilas cat berbahaya pada mainan dan cat yang aman tidak bisa dibedakan dari segi warna  akan tetapi jika dibandingkan lebih seksama, cat mainan berbahaya lebih berpigmen cerah menyala dibanding dengan cat yang aman. Alasan ini tidak mendasar, namun bisa dipastikan cat berbahaya memiliki campuran bahan kimia berlebih sehingga berpengaruh pada warna yang dihasilkan. Pasti tetap tampak berbeda jika dibanding dengan hasil warna pada cat air.

2. Cat berbahaya pada mainan lebih cepat mengelupas.

3. Cat berbahaya pada mainan memiliki bau yang menyengat. Itu disebabkan karena campuran tiner berlebih atau bahan dasar cat menggunakan zat kimia logam dalam jumlah tinggi. Cat yang aman untuk mainan meskipun baru dicat, jika berbau, itu hanya bersifat sementara. Bahkan banyak cat aman seperti cat air acrylic tidak menimbulkan bau.

4. Untuk beberapa kasus pada mainan berbahaya,  warna catnya bisa menempel di kulit. Dibanding dengan cat aman misal cat air tidak terjadi seperti itu karena daya rekat cat sangat kuat, meresap ke dalam pori-pori.

 

Tips Menghindari Mainan Berbahaya pada Anak

1. Anda harus jeli memilih mainan yang aman. Mainan mahal belum tentu aman untuk anak. Anda bisa bertanya kepada pihak yang  ahli untuk membedakan mana cat yang aman dan berbahaya.
2.  Cat yang aman untuk anak biasanya adalah cat air seperti cat acrylic. Beberapa mainan dengan cat yang aman akan menuliskan label di  belakang kemasan bahwa mainan itu menggunakan cat yang aman untuk anak.
3. Sebagai alternatif pilihan, Anda bisa membuat mainan untuk anak Anda (DIY) atau membeli mainan dari luar dan mengecatnya ulang. Cat yang dipilih haruslah yang aman seperti Cat air.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 359 orang responden
%d bloggers like this: