Bioindustri Omnipresen

Blog

Tiga Cara mudah Perawatan Lantai Kayu

cara perawatan lantai kayu wood flooring

Perawatan lantai kayu tidak hanya mempercantik tampilan rumah Anda, tetapi juga merupakan investasi berharga jika suatu saat Anda ingin menjual rumah Anda. Hal ini bisa terjadi hanya jika rumah dengan lantai kayu yang berharga tersebut dirawat dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip perawatan lantai kayu (wood floor care) untuk menjaga tampilan dan daya tahan lantai kayu anda.

Permukaan lantai kayu mudah rusak tergores oleh benda berat, keras dan tajam

Hal pertama yang harus diketahui saat melakukan perawatan lantai kayu/floor maintenance adalah bahwa lantai kayu dapat dengan mudah tergores oleh benda-benda berat yang diseret. Untuk alasan ini, saat memindahkan benda-benda berat seperti furniture dan perabot lainnya sebaiknya diangkat dan tidak menyeretnya di lantai. Perlu untuk memasang alas kaki furnitur atau menempatkan furnitur di atas karpet. Cara ini dapat meminimalkan potensi goresan pada lantai ketika sofa dan kursi yang sedikit bergerak saat digunakan duduk atau kegiatan lainnya di sofa.

sepatu hak tinggi pada lantai kayu

Kerusakan lantai kayu (tergores) juga dapat disebabkan oleh alas sepatu yang keras dan tajam seperti sepatu hak tinggi. Untuk itu, sebaiknya tidak menggunakan sepatu hak tinggi pada are lantai kayu. Namun jika memang lantai harus digunakan untuk lalu-lintas menggunakan sepatu, diperlukan perawatan lantai kayu lebih intensif untuk mengurangi resiko kerusakan pada permukaan lantai kayu.

Perawatan lantai yang dapat dilakukan adalah dengan cara dipoles menggunakan bahan Biopolish Beeswax untuk mengurangi resiko gores an pada permukaan lantai kayu.

Lantai kayu sebaiknya terhindar dari sinar matahari langsung

Sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan warna lantai kayu cepat memudar dan discoloring, sehingga perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa area lantai kayu yang menerima sinar matahari langsung terbatas saja.

segera bersihkan air pada lantai kayu
segera bersihkan air pada lantai kayu

Memasang tirai dan kerai mungkin adalah cara yang paling murah untuk meminimalkan kerusakan akibat sinar matahari, tapi lapisan coating yang mengandung bahan UV protection seperti Biothane (water based polyurethane wood coating) dapat bekerja dengan baik untuk melindungi lantai kayu Anda dari intensitas sinar matahari. Di samping itu, pemilihan jenis bahan warna wood stain yang tepat untuk finishing kayu exterior dan tahan sinar matahari adalah hal utama yang harus diketahui pada saat proses finishing lantai kayu.

Perawatan lantai kayu dengan menggunakan Biopolish sangat baik untuk melindungi lantai kayu dari sinar matahari, sebab Biopolish telah dikenal memiliki sifat UV absorbent yang kuat untuk melindungi dan mempertahankan warna dari proses oksidasi sinar matahari yang dapat menyebabkan warna kusam dan memudar.

Jaga lantai kayu agar tetap bersih dan kering

Air adalah faktor perusak ketiga yang harus diperhitungkan ketika merawat lantai kayu Anda. Air dan kelembaban, dapat menyebabkan serat kayu mengembang, rapuh bahkan dapat membusuk jika terlalu basah atau lembab, apalagi jika terlalu sering dan dalam waktu lama. Untuk itu diperlukan tindakan pencegahan dan perawatan untuk menjaga lantai kayu agar tetap kering.

  • Pastikan lantai kayu anda dilapisi dengan bahan wood coating yang tahan air, water repellent. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa mengaplikasikan Biopolish Beeswax.
  • Jika ada air atau minuman yang tumpah, segera bersihkan dengan kain kering dan lembut untuk menjaga agar tetap bersih dan kering.
  • Gunakan kain lap yang tidak terlalu basah ketika membersihkan atau mengepel lantai.

Jika langkah-langkah sederhana ini diikuti, maka lantai kayu Anda tidak akan banyak goresan dan akan tetap cantik atau bahkan semakin cantik selama bertahun-tahun.

Dengan sedikit perawatan sederhana, ini mungkin akan menutup nilai investasi pada lantai kayu Anda saat anda ingin menjual kembali rumah kesayangan anda.

tanya cs bio
Tanya Bio!