Cara menyeragamkan Warna Kayu Jati Menggunakan Biovarnish

Dasar warna kayu jati yang tidak seragam seringkali menyulitkan proses finishing. Cara menyeragamkan warna kayu jati bisa dilakukan menggunakan seri produk Biovarnish.

Dalam proses finishing kayu, terkadang kita menemukan dasar warna kayu yang berbeda. Dasar warna kayu yang berbeda dalam suatu produk seringkali menyulitkan proses finishing untuk mendapatkan target warna yang diinginkan. Oleh karena itu, diperlukan proses penyeragaman terlebih dahulu.

Proses penyeragaman warna kayu bisa dilakukan dengan berbagai cara. Untuk pembahasan kali ini akan dibahas cara penyeragaman warna kayu jati menggunakan teknik Bio natural wood finish menggunakan seri produk Biovarnish. Teknik menyeragamkan warna dasar kayu ini berbeda dengan teknik penyeragaman menggunakan wood acid chemicals treament.

Teknik Bio natural wood finish untuk menyeragamkan warna kayu jati menggunakan seri produk Biovarnish ini merupakan teknik pewarnaan menggunakan wood stain, sedangkan teknik penyeragaman acid chemical treatment biasanya menggunakan bahan kimia asam kuat yang berbahaya, bahkan bisa merapuhkan kekuatan serat kayu.

Coating Schedule Menyeragamkan Warna Kayu Jati Menggunakan Biovarnish

Proses finishing yang dilakukan berikut berfungsi untuk menyeragamkan warna kayu jati sesuai warna yang diinginkan serta memberikan perlindungan pada kayu. Material finishing yang digunakan adalah seri produk Biovarnish, yaitu Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Walnut Brown dan Biovarnish Clear Coat.

Sebelum proses finishing dimulai, siapkan terlebih dahulu media kayu yang akan di-finishing dan pastikan kayu dalam kondisi yang kering sempurna (MC ≤ 12%). Bersihkan kayu dari minyak maupun debu dan kotoran yang bisa mengganggu proses peresapan bahan coating ke dalam substrat kayu. Amplas permukaan kayu searah serat menggunakan kertas amplas no 120 sampai benar-benar halus dan rata.

Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Pilihlah produk Biovarnish Wood Filler jati untuk menutup pori dan cacat pada media kayu jati. Tambahkan air bersih secukupnya sesuai alat yang digunakan. Aduk perlahan-lahan hingga homogen. Aplikasikan wood filler menggunakan pisau palet ke permukaan kayu atau bisa juga hanya untuk mengisi celah pori-pori atau cacat kayu. Aduk larutan sebelum dan selama proses aplikasi.

Tunggu hingga media kayu kering (kira-kira 10 menit), kemudian lakukan pengamplasan menggunakan amplas no  searah serat pada seluruh permukaan media atau pada bagian yang diaplikasikan wood filler hingga rata dan halus. Pastikan proses pengamplasan dilakukan maksimal, hingga wood filler yang tertinggal adalah yang di dalam pori-pori kayu.

 Aplikasi Biovarnish Wood Stain

Pilih Biovarnish Wood Stain sesuai warna yang di-inginkan, misalnya warna gardena teak. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain gardena teak untuk memperoleh warna yang diinginkan. Apabila dianggap perlu, tambahkan air bersih sebanyak 20% atau sesuai kebutuhan untuk menurunkan kepekatan warna. Aduk larutan hingga homogen, lakukan pengadukan sebelum dan selama aplikasi. Aplikasikan larutan ini menggunakan sistem kuas atau spray sesuai alat yang dimiliki. Tunggu sampai kering, kira-kira 30 menit. Amplas ambang menggunakan kertas amplas no 400. Ulang aplikasi Biovarnish wood stain sekali lagi atau sampai didapatkan warna yang diharapkan.

Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Pilihlah Biovarnish Clear Coat sesuai dengan tingkat glossy yang diharapkan (tersedia dalam dua pilihan, yaitu glossy dan doff). Aplikasi clear coat ini berfungsi untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir sesuai tingkat glossy yang diharapkan. Tambahkan air bersih dengan rasio 2:1, kemudian aduk pelan sampai tercampur rata. Lakukan pengadukan sebelum dan selama aplikasi dilakukan.

Aplikasikan larutan clear coat tersebut menggunakan alat yang tersedia hingga didapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kurang lebih 20 menit untuk kering sentuh. Untuk mendapatkan kering packing, diamkan selama 24 jam. Untuk kering full curing, biarkan selama 7×24 jam.

Demikianlah proses aplikasi finihsing untuk menyeragamkan warna kayu jati menggunakan seri produk Biovarnish. Untuk info produk dan pemesanan, Anda bisa menghubungi customer service kami di no 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056. Anda juga bisa mengunjungi kami secara langsung di Bio ServicePoint Jogja, Bio Service Point Jepara dan Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 309 orang responden
%d bloggers like this: