Cara Memutihkan Kayu (Wood Bleaching) dengan WA-250

pemutih kayu, treatment kayu

Cara memutihkan kayu dengan bahan pemutih kayu WA-250 yang relatif aman dan ramah lingkungan, WA-250 ini merupakan bahan pemutih kayu yang diformulasikan khusus sebagai bahan pengganti asam hydrogen peroxide (H2O2) yang berbahaya dan telah diketahui memiliki banyak efek negatif terhadap kekuatan serat kayu.

Bahan pemutih kayu WA-250 diciptakan sebagai pengganti bahan kimia H2O2 untuk membantu memutihkan (bleacher / color brightener) agar mudah menyeragamkan warna kayu dan menurunkan cacat warna permukaan kayu seperti noda bekas blue stain, warna kayu doreng, serta menurunkan gap beda warna bagian kayu teras dan kubal dengan cara yang mudah, murah, efektive dan efesien, aman dan ramah lingkungan tanpa merusak atau  menghancurkan struktur serat kayu

digunakan pada berbagai macam media kayu, seperti kayu jati, mahoni, mangga, pinus, bamboo, natural fiber, dll. Bahan kimia ini dapat memperbaiki warna kayu yang kurang baik, sehingga warna kayu tampak lebih indah dan natural. Fungsi utama WA-250 adalah untuk menghilangkan blue stain yang ada pada raw material.

Berikut kelebihan WA-250 untuk memutihkan kayu :

  • efektif memutihkan warna kayu
  • hasil warna kayu tampak bersih cerah dan terlihat alami
  • mampu menurunkan sampai menghilangkan bekas noda jamur blue-stain
  • Aplikasi tampa perlu di jemur
  • Tidak bikin kayu jadi lunak atau lapuk
  • tidak bikin karat pada komponen logam
  • aman bagi kesehatan pekerja dan pengguna produk akhir
  • cara aplikasi mudah dengan waktu dan biaya lebih terukur

Berikut Prosedur cara memutihkan kayu dengan WA-250

Persiapan bahan

untuk menurunkan konsentrasi WA-250 dapat ditambahkan dengan air sesuai dengan efek color brightness yang ingin dicapai. sebagai contoh, untuk memutihkan warna kayu jati atau mahoni direkomendasikan dengan perbandingan air : WA-250 ( 1 : 1 ) atau (1;2).

Persiapan media kayu, bambu atau rotan

pastikan permukaan media kayu tidak tertutup oleh kotoran minyak atau bahan pelapis yang akan menghalangi penetrasi bahan WA-250 masuk kedalam serat

Cara aplikasi larutan WA-250 untuk memutihkan kayu

secara prinsip, pastikan larutan WA-250 dapat membasahi seluruh permukaan media yang akan di treatment. untuk itu larutan WA-250 dapat diaplikasikan dengan cara dikuas, disemprot ataupun di celup atau direndam.

angkat dan tiriskan, biarkan permukaan kayu tetap basah beberapa saat 1-2 jam untuk memberi kesempatan larutan WA-250 meresam lebih dalam dan bekerja menetralisir warna alami kayu.

setelah beberapa saat (1-2 jam) warna kayu akan segera berubah menjadi lebih terang. jika dirasa warna kayu masih kurang terang, proses tretment dapat diulangi lagi sampai mendapatkan warna kayu yang diinginkan.

Proses netralisir dan pengeringan

setelah mendapatkan warna kayu mensesuai yang dinginkan, sisa-sisa bahan aktif WA-250 perlu dinetralisir agar reaksinya tidak berlanjut. sisa-sisa bahan aktif yang masih menempel pada permukaan kayu dapat menyebabkan MC kayu tidak stabil.

proses netralisir dapat dilakukan dengan cara dibilas dengan air ditergent atau cukup dengan air mengalir.

setelah warna kayu berubah menjadi terang sesuai yang diinginkan dan telah dinetralisir, kayu dapat di keringkan dengan cara kilndry atau dijemur sampai mendapatkan MC kayu standard (12%)

 

 

Bleaching Schedule
1.  pengenceran
2.  aplikasi kuas APLIKASIAplikasikan ke seluruh permukaan media dengan cara :1. direndam sambil dicuci.2. dioleskan / dikuas.
3.  proses aging AGING TIMEBiarkan WA 250 bereaksi selama ≤ 4 jam pada suhu ruang. Selama aging time tidak disarankan :1. Dijemur langsung dibawah terik matahari2. Dipanaskan / dikeringkan dengan suhu ≥ 350C. Setelah aging 2 jam, aplikasi WA dapat diulang lagi untuk mendapat hasil yang lebih putih / terang.

 

Berikut Hasil Aplikasi selama proses Aging time

No

HASIL

WAKTU

1

 setelah 1 jam SETELAH 1 JAM

 

2

 setelah 2 jam SETELAH 2 JAM

 

3.

 setelah 3 jam SETELAH 3JAM

 

4.

 setelah kering PENGERINGAN (setelah 4 jam)Setelah mendapat hasil warna permukaan sesuai yang diinginkan kayu dapat dikeringkan dengan cara dijemur atau dioven dengan suhu ≤ 600C sampai mendapatkan MC kayu yang disyaratkan.

 PERHATIAN :

Larutan WA 250 sebaiknya tidak dicampur dengan larutan asam / Ph ≤ 7 seperti H2O2 dan lain-lain.

Selamat mencoba.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 331 orang responden
%d bloggers like this: