Cara Memilih Cat yang Aman untuk Sangkar Burung

Bagaimana cara memilih cat yang aman untuk sangkar burung? Dewasa ini, berbagai produk cat memang tidak bisa diandalkan karena kandungannya yang tidak baik bagi burung peliharaan.

Aplikasikan cara memilih cat yang aman untuk sangkar burung agar burung peliharaan tidak keracunan

Aplikasikan cara memilih cat yang aman untuk sangkar burung agar burung peliharaan tidak keracunan

Cat adalah salah satu komponen yang biasa diaplikasikan pada sangkar. Para penggemar burung peliharaan dan produsen cat sangkar biasa mengaplikasikan bahan ini agar sangkar burungnya terlihat indah. Meski demikian, sebenarnya aplikasi cat sangkar tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Beberapa penelitian menunjukkan bagaimana cat pada sangkar malah memberikan efek negatif pada burung kesayangan. Contohnya penelitian yang dilakukan Peter Sakas yang menemukan banyaknya kandungan timbal pada burung. Diduga timbal-timbal tersebut berasal dari sangkar yang dilapisi olah coating/cat. Oleh karenanya, pemilihan cat harus dilakukan dengan baik. Sebab, bagaimanapun juga masih banyak cat aman yang bisa diaplikasikan agar burung tidak keracunan.

3 Cara Memilih Cat yang Aman untuk Sangkar Burung

  1. Gunakan Cat Water Based

Pertama, pilihlah jenis cat dari golongan water based. Cat water based secara umum lebih unggul dari segi rendahnya VOC (volatile organic compounds) atau senyawa organik mudah menguap yang bersifat toksik. Lihatlah keterangan label pada kaleng cat mengenai golongan cat yang Anda beli. Hindari menggunakan cat solvent based atau yang berpelarut thinner dan spiritus karena kandungan VOC-nya tinggi.

Meskipun belum mendominasi pasar cat Indonesia, namun jenis cat water based sangat populer di Amerika Serikat dan Eropa. Jenis cat ini juga sudah didukung oleh teknologi canggih sehingga variannya semakin banyak dan harganya pun lebih terjangkau.

  1.   Pilih yang Memiliki Keterangan Aman

Meski cat water based secara umum lebih aman, namun bukan berarti kualitas keamanan semua cat water based sama. Beberapa produsen cat water based kadang masih menggunakan formalin sebagai zat aditifnya. Ini membuat cat water based tersebut tidak bisa diandalkan sebagai cat sangkar. Pilihlah cat yang memiliki keterangan rendah/zero VOC, no lead, no mercury, dan sederet keterangan lainnya yang penting.

  1. Tanya Sertifikasi sebagai Bukti Klaim Aman

Klaim keamanan cat pada label kadang tidak bisa dipercaya. Oleh karenanya, untuk menerapkan cara memilih cat yang aman untuk sangkar burung dengan maksimal, tanyakan saja pihak produsen cat mengenai klaim keamanan tersebut. Klaim yang bisa dipercaya akan bisa ditunjukkan dengan sertifikat pengakuan dari lembaga kredibel. Misalnya lembaga sertifikasi TUV Rheinland German.

Orchid water based metal paint.

Orchid

Berdasarkan 3 cara memilih cat yang aman untuk sangkar burung di atas, kami merekomendasikan Anda menggunakan cat Orchid water based metal paint untuk sangkar dari metal dan Biocolours water based wood coating untuk sangkar dari kayu. Kedua produk tersebut merupakan golongan cat water based yang diformulasikan menurut standar EPA Amerika Serikat dan ECHA Uni Eropa. Kesesuaian formulasinya dengan EPA dan ECHA bisa dibuktikan dengan sertifikat TUV Rheinland German.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 369 orang responden
%d bloggers like this: