Cara Membuat Finishing Kayu Warna Gardena Teak

Cara membuat finishing kayu warna gardena teak bisa dilakukan menggunakan bahan water based wood coating system.

cara membuat finishing kayu warna gardena teak

Aplikasi ini merupakan metode finishing kayu untuk menghasilkan natural look effect dengan water based wood coating system. Sistem pewarnaan ini menggunakan pigment color yang berfungsi untuk menciptakan keseragaman warna kayu sesuai yang dikehendaki dan menggunakan lapisan pelindung untuk memproteksi sekaligus menciptakan natural sheen effect sesuai kehendak.

Material finishing yang perlu digunakan, yaitu Sanding Sealer S 401 Z, Biocolours WSO GardenaTeak Water dan Top Coat EP 3050 Death Matt Water. Sebelum melakukan proses finishing warna gardena teak ini, siapkan terlebih dahulu media kayu. Gunakan amplas no. 120 untuk memperhalus media. Amplas permukaan kayu searah serat sampai benar-benar halus dan rata. Pastikan kayu benar-benar kering (MC ≤ 12%). Pastikan permukaan media kayu bebas dari debu, kotoran dan bekas minyak yang akan mengganggu penetrasi bahan cat atau coating.

Aplikasi Sanding Sealer

Gunakan Biocolours® Sanding sealer S401z untuk menutup dan melindungi media kayu, memotong bulu kayu serta untuk memperbaiki micropore yang masih terbuka. Tambahkan air bersih untuk mengencerkan dengan rasio 1:2, sambil diaduk pelan-pelan sampai homogen.

Semprotkan larutan Biocolours® Sanding sealer S401z ke seluruh permukaan media. Larutan perlu diaduk sebelum dan selama aplikasi. Tunggu sampai benar-benar kering dan siap diamplas, kira-kira 1 jam. Lakukan pengamplasan searah serat di seluruh lapisan film sanding sealer sampai benar-benar halus dan rata (amplasan matang).

Ulangi proses lapisan sanding sealer 2 sampai 3 kali untuk hasil finish yang lebih close pore dan sempurna. Setelah itu, lakukan sanding dengan amplas no 400.

Biocolours® WSO

Gunakanlah Biocolours® WSO Gardena Teak Water untuk mendapatkan warna yang diinginkan. Jika perlu tambahkan air bersih untuk mengencerkan dan untuk menurunkan kepekatan warna dengan perbandingan 1:1. Aplikasikan menggunakan spray dan tunggu sampai benar-benar kering selama ± 30 menit, tidak disarankan dijemur langsung di bawah terik matahari.

Top Coat

Tahap selanjutnya, berikan lapisan Biocolours® Top Coat EP 3050 Death Matt Water untuk melapisi, melindungi sekaligus memberikan efek tampilan akhir death matt. Tambahkan air bersih dengan rasio 2:1. Aduk pelan-pelan sampai benar-benar homogen.

Aplikasikan larutan Biocolours® Top Coat EP 3050 Death Matt Water menggunakan spray system sampai mendapatkan tampilan yang halus dan rata. Biarkan mengering pada suhu kamar, kira-kira 20 menit untuk mendapatkan kering sentuh. Untuk mendapatkan kering packing, biarkan media kayu yang telah difinishing selama 24 jam.

Sedangkan untuk mendapatkan kering full curing, diamkan selama 7×24 jam. Sebelum kering sentuh didapatkan, tidak disarankan melakukan pengeringan menggunakan oven ataupun dijemur langsung di bawah sinar matahari. Demikianlah cara membuat finishing kayu warna gardena teak menggunakan water based wood coating dari Bio Industries. Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 402 orang responden
%d bloggers like this: