Cara Finishing kayu kelapa (glugu)

lantai kayu kelapa (glugu)

lantai kayu kelapa (glugu)

Cara Finishing  kayu kelapa (glugu) untuk furniture, lantai dan konstruksi bangunan dengan bahan Biocolour – water based wood coating yang aman dan ramah lingkungan

Kayu Kelapa (Glugu) sebagai Material Kayu Kuat dan Exotis

Kayu kelapa atau dalam bahasa jawa sering disebut dengan istilah kayu glugu. Jenis kayu kelapa ini mempunyai struktur serat lurus dan kuat sehingga sering digunakan sebagai bahan bangunan rumah, baik digunakan untuk tiang penopang maupun struktur rangka atap.

Melihat tekstur dan warna serat-nya yang sangat exotic, tidak jarang para disainer architecture yang ingin menggunakan material kayu glugu ini untuk lantai, pintu, dinding atau pagar rumah, bahkan ada yang menggunakannya sebagai material furniture. Kendalanya adalah material kayu glugu ini tergolong jenis kayu yang rentan terhadap serangan rayap atau serangga bubuk kayu atau yang sering disebut dengan istilah teter atau Pinhole.

Kendala lain adalah masalah finishing, kayu glugu mempunyai serat lurus dan kaku dan tajam, dimana jika teknik finishingnya tidak halus sempurna serat kayu glugu dapat menyusup dan berbahaya. Disisi lain, tidak semua jenis material finishing seperti melamine atau nitro cellulose (NC) dapat melekat sempurna pada permukaan material kayu yang mempunyai kadar minyak yang tinggi seperti ini.

.

Biocolours Acrylic wood coating sebagai bahan finishing kayu kelapa

Bio Industries mencoba mempelajari dan memahami karakter dari jenis kayu kelapa yang unik ini dan mengembangkan bahan material finishing yang tepat untuk media kayu glugu.

Bahan Biocolours water based Acrylic wood coating merupakan bahan finishing kayu yang dapat berasosiasi sempurna dengan kandungan air dan minyak alami yang ada didalam struktur serat kayu, demikian halnya dengan kayu glugu yang exotis ini.

Cara finishing kayu kelapa dengan bahan Biocolours Acrylic wood coating

Berikut ini tahap pengerjaan kayu glugu yang dapat digunakan untuk lantai, dinding, pintu atau pagar

  1. persiapan media dan treatment

    • kayu glugu merupakan jenis kayu yang cukup rentan terhadap jamur dan rayap/serangga kayu kering, untuk itu kami sarankan agar dilakukan treatment anti jamur dan anti serangga secara bersamaan sebelum masuk ke proses pengeringan (kiln dray).
    • anda bisa menggunakan bahan anti jamur (microcide 100ec) dan anti serangga kayu (Permetrine) dengan momposisi 100lt air + 1lt microcide + 200cc permetrine selanjutnya kayu dalam kondisi basah fresh cut di rendam selam 1-2 jam.
    • kayu diangkat dari perndaman, di stacking KD untuk di keringkan dengan Oven kilndry / di jemur sampai benar benar kering.
    • pastikan MC kayu < 12%. dan amplas sampai halus untuk siap di finishing
  2. wood filler (Biocolour wood filler)

    • gunakan Biocolour wood filler jati untuk menutup pori2 serat kayu, aplikasikan dengan scrape dan tunggu sampai kering
    • amplas sampai bersih dan halus. ulangi lagi sampai permukaan halus dengan pori-pori tertutup rapat.
    • tahap ini tidak perlu dilakukan jika ingin hasil tanpilan finishing akhir open pore
  3. sanding sealer (Biocolour S401)

    • lapisan sanding sealer diperlukan sebagai lapisan dasar sekaligus menutup micropore
    • encerkan dengan komposisi pelarut 2 bag. sanding sealer + 1 bag. Air bersih. aduk sampai rata dan semprotkan keseluruh permukaan kayu.
    • tunggu sampai kering dan gunakan amplas no 400 untuk menghaluskan permukaan kayu
  4. coloring / wood stain

    • gunakan Biocolour WSO untuk outdoor atau WSI untuk indoor. pilih sesuai dengan warna yang dikehendaki dan aplikasikan dengan kuas atau semprot
    • tahap ini tidak perlu jika anda menghendaki warna natural kayu glugu asli
  5. topcoat (Biocolour topcoat FA715)

    • pilih Topcoat Gloss atau Doft sesuai sesuai dengan tingkat kilap yang di kehendaki.
    • tambahkan air bersih secukupnya sambil diaduk rata sampai mendapatkan Viscositas sesuai dengan alat dan sistem aplikasi yang digunakan. direkomendasikan komposisi larutan (2 bag. TC + 1 bag. Air) untuk aplikasi semprot atau kuas.
    • Biocolour topcoat FA715, mempunyai sifat halus dan kesat / tidak licin cocok untuk lantai
    • Biocolour topcoat FA714. bersifat halus dan licin, cocok untuk furniture, pintu dan pagar atau dinding

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 300 orang responden
%d bloggers like this: