Mengenal Lebih Dekat Biovarnish Wood Filler - Bioindustries

Mengenal Lebih Dekat Biovarnish Wood Filler

Biovarnish Wood Filler adalah jenis wood filler water based dari Bioindustries untuk finishing kayu warna natural transparan.

fungsi biovarnish wood filler dalam finishing kayuJika Anda berkecimpung di dunia kayu ataupun furniture, pasti tidak asing dengan istilah cacat kayu. Kondisi dimana terdapat retak pada kayu atau terdapat lubang entah bekas paku ataupun karena efek lain, inilah yang dinamakan cacat kayu. Nah, wood filler atau seringkali dikenal dengan sebutan dempul kayu merupakan bahan finishing yang biasanya digunakan untuk menutup cacat kayu tersebut.

Lantas, apa sebenarnya wood filler atau dempul kayu tersebut dan apa fungsinya dalam proses finishing kayu? Apa perlunya wood filler digunakan dalam proses finishing? Haruskah wood filler diaplikasikan Bagaimana jika kita menginginkan hasil finishing yang natural apa adanya kayu, tapi kayu tetap terlindungi. Perlukah wood filler digunakan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kita perlu memahami apa sebenarnya wood filler.

 

Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Wood Filler

Jadi, apa sebenarnya wood filler itu? Jika merujuk pada wikipedia, wood filler adalah bahan yang digunakan untuk mengisi cacat kayu, seperti retak atau lubang pada kayu sebelum proses finishing dilakukan. Seringkali terbuat dari bekas gergajian kayu yang dikombinasikan dengan binder dan pengencer serta pigmen warna.

Wood filler seringkali diaplikasikan sebelum proses finishing tahap selanjutnya dilakukan. Proses finishing selanjutnya akan lebih mudah dilakukan jika wood filler diaplikasikan terlebih dahulu. Secara umum, proses finishing kayu dimulai dari aplikasi base coat, kemudian dilanjutkan dengan aplikasi maincoat, coloring dan terakhir ditutup dengan topcoat.

Sebagai base coat, wood filler menjadi dasar bagi tahapan finishing selanjutnya. Pemakaian dempul kayu ini akan sangat memudahkan proses aplikasi bahan finishing di aplikasi tahapan maincoat, pemberian warna dan aplikasi topcoat. Apabila permukaan media kayu halus, tidak banyak cacat kayu seperti retakan ataupun mata kayu, tentu saja akan lebih mudah dihasilkan finishing yang sempurna.

 

Fungsi Wood Filler Dalam Proses Finishing Kayu

Secara umum, fungsi wood filler dalam proses finishing kayu adalah untuk menutupi cacat tekstur kayu. Terkadang kita menemui media kayu yang memiliki cacat tekstur seperti retak kayu dan mata kayu. Apabila cacat kayu tersebut tidak ditutup, bisa merusak tampilan hasil akhir finishing yang dilakukan. Nah, Wood filler atau dempul kayu ini bisa membantu untuk menutupi cacat tekstur yang terdapat pada kayu tersebut.

Fungsi lain dari wood filler adalah untuk menutup pori-pori kayu yang besar, seperti yang  seringkali kita dapati pada kayu kelapa dan kayu merbau. Pori-pori kayu besar akan menyulitkan proses aplikasi finishing di tahap selanjutnya. Wood filler bisa membantu menutup lubang pori-pori yang besar, sehingga akan memudahkan untuk mendapatkan permukaan kayu yang lebih halus.

Wood filler juga berfungsi untuk menghasilkan finishing akhir yang close pore. Jadi, meskipun hasil finishing furniture yang diharapkan adalah natural, tetapi hasil close pore tetap bisa didapatkan dengan aplikasi wood filler.

Wood filler juga bisa Anda gunakan saat Anda mendapati lantai kayu ada yang retak atau pecah, bingkai jendela yang mulai rusak, atau furniture lawas yang retak atau banyak bekas pakuannya. Wood filler bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan mudah dan cepat. Dengan catatan, kerusakan-kerusakan tersebut belumlah parah sehingga belum perlu diganti elemennya. Misalnya bingkai jendela yang rusak cukup parah karena dimakan rayap, tentu saja kondisi ini perlu penanganan lebih lanjut dengan penggantian elemen yang diperlukan.

 

Mengenal Lebih Dekat Dempul Kayu Biovarnish Wood Filler

dempul kayu biovarnishKita mengenal berbagai jenis merk wood filler di pasaran. Secara umum, kita mengenal ada dua jenis wood filler. Yaitu wood filler solvent based berpelarut thinner dan wood filler water based berpelarut air. Sebelum Anda memilih wood filler, ada baiknya untuk mengenal lebih dulu berbagi jenis wood filler di pasaran. Sehingga Anda bisa membandingkan keunggulan dan kekurangan dari wood filler tersebut. Jika Anda terkendala berbagai hal untuk emlakukannya, cek review dari para pelaku industri atau penghobi di berbagai media bisa menjadi alternatif.

Salah satu merk wood filler yang saat banyak dibincangkan oleh reviewer di Indonesia adalah Biovarnish wood filler. Produk wood filler dari Bioindustries ini sedang banyak dibicarakan oleh para pengrajin kayu maupun penghobi d dunia maya. Pasalnya, produk ini sebelumnya adalah produk yang disuplay untuk kebutuhan industri, namun akhirnya juga dipasarkan secara retail.

Ini artinya para pengrajin, penghobi ataupun end user bisa merasakan produk high quality yang sering digunakan untuk finishing bahan furniture ekspor. Jika sebelumnya produk ini hanya bisa didapatkan dalam partai besar, saat ini bisa dibeli dalam kemasan kecil, sehingga jika membutuhkan dalam jumlah kecil bisa dilayani. Disamping itu, harganya relatif terjangkau oleh pengrajin, penghobi ataupun end user.

Biovarnish Wood Filler adalah dempul kayu berbahan water based acrylic emulsion yang berbentuk pasta liquid. Produk ini diformulasikan dengan memperhatikan tingkat keamanan penggunaan bahan kimia dalam bahan sesuai standard regulasi European Chemical Agency (ECHA-REACH Regulation) dan US-EPA regulation certified.

Produk dempul kayu yang bagus ini tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu warna jati, mahoni dan ramin. Anda tinggal menyesuaikan warna dempul kayu yang akan dipilih sesuai warna kayu yang akan diaplikasi. Jika warna kayunya agak kemerahan mendekati warna mahoni, Anda tinggal memilih warna mahoni. Jika mendekati warna jati, bisa menggunakan warna jati. Dan jika warna kayu mengarah ke warna putih seperti pinus, Anda bisa menggunakan wood filler warna ramin.

Biovarnish Wood Filler sangat mudah digunakan, bisa diaplikasikan dengan menggunakan pisau palet, kain bal, kuas maupun dengan metode semprot menggunakan spray gun. Produk dempul kayu ini cocok digunakan pada berbagai media, seperti kayu, bambu, serat alam, partikel board, dll. Cocok untuk finishing interior maupun exterior pada furniture, pintu, kusen, handycraft, wooden toys dan barang berbahan kayu lainnya.

 

Keunggulan Dempul Kayu Water Based Biovarnish Wood Filler

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah keunggulan dari Biovarnish wood filler dibanding dengan wood filler solvent based dan merk wood filler water based lainnya? Berikut beberapa keunggulan dari merk dempul kayu water based Biovarnish wood filler ini.

  • Aman dan ramah lingkungan (non toxic and very low VOC)
  • Effective mengisi pori-pori (high solid content)
  • Daya rekat tinggi (high bonding)
  • Mudah diamplas (easy to sand)
  • Mudah digunakan (easy to use)
  • Cepat kering (quick dry)

Berbagai keunggulan di atas membuat merk dempul kayu yang bagus Biovarnish ini sangat layak direkomendasikan sebagai base coat dalam finishing furniture indoor warna natural ataupun untuk finishing kusen, pintu dan jendela.

 

Cara Mendempul Kayu Menggunakan Biovarnish Wood Filler

Bagaimanakah aplikasi dari Biovarnish wood filler? Sebenarnya cara dempul kayu menggunakan produk wood filler water based ini sangat mudah. Berikut cara dempul kayu yang baik menggunakan merk dempul kayu Biovarnish :

Tahap Persiapan Media, Bahan dan Alat :

  • Bersihkan media kayu dari bekas kotoran dan minyak.
  • Pastikan alat dan media aplikasi kering.
  • Pilih Biovarnish Wood Filler sesuai warna yang dibutuhkan (jati, mahoni, ramin)
  • Siapkan pengencer : air bersih (PH + 7)

Aplikasi :

  • Larutkan wood filler jika diperlukan. Tambahkan air bersih secukupnya sesuai alat yang digunakan. Aduk larutan hingga homogen.
  • Aplikasikan dempul kayu menggunakan pisau palet, kain bal, kuas atau semprot searah serat kay.  Tekan-tekan agar dempul kayu masuk ke pori-pori atau retakan kayu.
  • Tunggu hingga media kayu kering benar.
  • Amplas permukaan lapisan dengan kertas amplas jenis alumunium oxide no 240. Lakukan searah serat sampai halus dan serat kayu terlihat. Pastikan wood filler yang tersisa hanyalah yang masuk ke dalam pori-pori.
  • Ulangi lagi prosedur aplikasi ini, untuk memastikan seluruh pori-pori telah tertutup sempurna.

Demikianlah ulasan mengenai merk dempul kayu Biovarnish wood filler, fungsi dan keunggulannya dibanding merk lain.  Lantas, di manakah Anda bisa mendapatkan produk wood filler lokal namun berkualitas internasional ini? Anda bisa menghubungi customer care kami secara online di no 0878-3934-6433. Atau silahkan datangi Bio Service Point Jogja, Jepara dan Cirebon.

Kami saat ini juga masih membuka peluang besar untuk Anda yang tertarik menjadi agen produk-produk kami di kota Anda. Silahkan menghubungi no hotline 0822-4338-0001 untuk reservasi keagenan. Semoga bermanfaat, Good Chemicals Good Life.

 

 

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 580 orang responden
%d bloggers like this: