Biovarnish, Cat Kayu Water Based Untuk Finishing Pintu Warna Natural

Biovarnish merupakan cat kayu water based yang aman, ramah lingkungan dan mudah aplikasinya, dengan hasil tampilan natural transparan.

cat kayu biovarnish untuk finishing pintuFinishing pintu bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bahan. Umumnya finishing pintu dilakukan dengan menggunakan bahan finishing seperti cat kayu. Selain cat kayu yang biasa kita temukan di toko-toko bangunan atau toko cat, terdapat jenis cat kayu aman yaitu cat kayu water based. Jenis cat ini juga bisa digunakan untuk finishing indoor maupun outdoor, termasuk untuk pintu.

Cat kayu water based adalah cat yang menggunakan pelarut non organik berupa air. Jika biasanya kita banyak menjumpai cat kayu solvent based atau pelarut yang digunakan berupa pelarut-pelarut solvent seperti thinner dan spiritus, maka cat kayu water based ini menggunakan pelarut non organik berupa air. Pertanyaannya adalah, kenapa harus menggunakan cat water based untuk finishing pintu?

 

Keunggulan Cat Kayu Water Based Dibanding Cat Solvent Based

Secara umum, cat kayu water based termasuk Biovarnish memiliki kualitas yang sebanding dengan cat kayu solvent based. Bahkan di beberapa  sisi, cat water based lebih unggul dibanding cat solvent based. Cat kayu water based mampu memberikan proteksi yang lebih baik dibandingkan dengan cat kayu solvent based. Hal ini dikarenakan fleksibilitas cat kayu berpelarut air lebih tinggi.

Ketika diaplikasikan pada kayu, misalnya untuk finishing pintu, cat kayu water based tidak akan mudah pecah oleh perubahan suhu. Ia akan ikut memuai bersama kayu saat suhu naik dan mengkerut kembali bersama kayu saat suhu turun. Kualitas seperti ini yang tidak dimiliki oleh cat kayu berpelarut solvent yang umumnya memiliki fleksibilitas rendah. Akibatnya ia akan mudah pecah saat lingkungan di sekitarnya mengalami fluktuasi suhu apalagi fluktuasi suhunya cukup ekstrim..

Selain unggul dalam hal proteksi, cat kayu water based juga unggul dalam hal keamanannya. Kenapa demikian? Hal ini disebabkan karena pelarut dari cat ini berupa air. Air merupakan salah satu zat yang sama sekali tidak bersifat toksik bagi manusia maupun bagi lingkungan. Berbeda dengan cat kayu berpelarut solvent yang kandungan VOC-nya dan kandungan bahan kimia berbahaya lainnya cukup tinggi.

Volatyl Organic Compounds (VOC) merupakan senyawa membahayakan yang mudah menguap bahkan dalam suhu kamar sekalipun. Contoh dari senyawa VOC antara lain benzene, toulena, dan xylene .  Kandungan  VOC  ini  bisa  menyebabkan  berbagai dampak kesehatan seperti iritasi mata, iritasi hidung, kehilangan control pada beberapa bagian tubuh, kerusakan hati, gagal ginjal, hingga kerusakan pada system syaraf pusat. Hal ini mengakibatkan cat kayu solvent based  mulai tergeser oleh produk-produk cat kayu water based.

Mengenal Cat Kayu Water Based Aman, Biovarnish

cat kayu water based biovarnishSayangnya tidak semua cat water based sudah terbebas dari  senyawa berbahaya tersebut.  Bahkan terkadang bahan kimia berbahaya seperti timbal dan formalin ditambahkan dalam formulasinya. Terkadang produsen cat menggunakan senyawa-senyawa tersebut dn bahan kimia berbahaya lainnya untuk kebutuhan tertentu, misalnya menambahkan sedikit formaldehida agar tercapai standar kualitas tertentu yang diharapkan. Oleh karena itu, masyarakat perlu jeli dalam memilih cat kayu water based. Sangat direkomendasikan untuk memilih cat water based yang bebas formalin, timbal, mercury dan berbagai senyawa berbahaya lainnya. Senyawa-senyawa mudah menguap tersebut perlu dihindari karena efeknya yang cukup berbahaya bagi tubuh.

Salah satu jenis cat water based yang direkomendasikan adalah cat Biovarnish. Cat kayu water based ini hadir dengan berbagai keunggulan, diantara bebas formalin, bebas timbal, dan kandungan VOC-nya jauh di bawah ambang batas yang ditetapkan. Selain itu, Biovarnish mampu menghasilkan tampilan natural yang rata dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Produk ini juga sangat cocok bagi para pemborong yang harus mengerjakan pekerjaan mengecat pintu dan kusen di lantai dua. Karena produk ini bisa dikuas, disemprot dan mudah rata.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan produk Biovarnish untuk finishing pintu, kusen, maupun furniture, Anda bisa menghubungi customer service produk ini di no 0878-3934-6433 dan 0822-2026-5056. Atau silahkan kunjungi Bio ServicePoint Jogja, Bio Service Point Jepara dan Bio Service Point Cirebon. Semoga bermanfaat.

 

Artikel ini mendapat rating 5 bintang dari total 552 orang responden
%d bloggers like this: