Biocolours mendapatkan ECHA REACH compliance certification SVHC-2012 - Bioindustries

Biocolours mendapatkan ECHA REACH compliance certification SVHC-2012

Meskipun telah mendapatkan serfitikat uji laboratorium untuk standard USA-EPA VOC free yang menyatakan bahwa produk Biocolours terbukti tidak mengandung 24 substance bahan kimia berbahaya dan mencemari lingkungan udara, namun untuk memenuhi kebutuhan pasar EROPA, CV. Bio Industries merasa perlu melakukan pengujian terhadap produk Biocolours wood coating system berdasarkan standard Uni-Eropa yang tercantum dalam Substance of Very High Concern (SVHC) Registration, Evaluation, Authorisation and Restriction of Chemicals (Reach) regulation by European Chemicals Agency (ECHA).

Pengujian dilakukan oleh lembaga laboratorium dan sertivikasi TUV-Rheinland german dan hasilnya dinyatakan bahwa product Biocolours wood coating system bebas dari 72 substance bahan kimia berbahaya sesuai standard REACH SVHC-list 2012 by European Chemicals Agency (ECHA).

Biocolour REACH-SVHC list 2012 testing result by TUVRheinland

SVHC candidate list by ECHA 2012

Dengan terbitnya sertifikat Reach SVHC compliance ini berarti bahwa produk aseli Indonesia yang dikembangkan oleh CV. Bio Industrries ini telah telah memenuhi standard keamanan bahan kimia berbahaya Uni Eropa yaitu 72 substance berbahaya baik yang bersifat penyebab kanker (carcinogenic), penyebab mutasigen (mutagenic), gangguan reproduksi (reprotoxic) (CMR) maupun yang bersifat mengendap tidak bisa dibuang tubuh manusia (bio-accumulative).

Sesuai dengan regulasi REACH SVHC, sebuah produk harus memenuhi ambang batas konsentrasi dari setiap substance 0,1% wight/weight. namun dari hasil hasil uji lab yang dilakukan TUV Rheinland terhadap produk Biocolours water based paint coating menunjukan data jauh dibawah ambang yaitu rata rata 0,01%. Hal ini berati produk cat atau bahan finishing ini sangat aman digunakan baik untuk interior maupun exterior, bahkan untuk produk anak-anak atau bayi sekalipun.

Artikel ini mendapat rating 3 bintang dari total 270 orang responden
%d bloggers like this: