Beeswax, Lilin untuk Perawatan dan Finishing Furniture

Beeswax adalah lilin lebah madu yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Salah satu fungsi beeswax adalah sebagai bahan perawatan dan finishing furniture kayu.

Beeswax adalah lilin lebah madu yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Beeswax adalah lilin lebah madu yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Dihasilkan oleh spesies lebah madu yang berasal dari genus Apis, beeswax adalah lilin hewani yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Pada lebah, lilin ini difungsikan untuk membuat sekaligus memperkuat sarang tempat tinggalnya sehingga tahan terhadap berbagai gangguan yang mengancam. Sedangkan pada manusia, lilin ini seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan di berbagai bidang dari bidang makanan, pengolahan kayu, kecantikan, dan masih banyak lagi.

Secara kimiawi, pada dasarnya yang dimaksud dengan beeswax adalah bahan yang terdiri atas berbagai jenis senyawa. Lilin ini merupakan kombinasi dari senyawa palmitat, palmitoleat, ester oleat, dan berbagai senyawa lainnya. Lilin ini memiliki rumus kimia C15H31COOC30H61 dan akan mendidih pada rentang suhu 62 – 65o C.

Manfaat Beeswax sebagai Perawatan dan Finishing Kayu dengan Banyak Keunggulan

Salah satu fungsi beeswax adalah sebagai bahan perawatan dan finishing berbagai produk-produk kayu. Beeswax juga bisa digunakan untuk mempercantik tampilan dan melindungi bahan-bahan yang terbuat dari vynil, kulit, dst dari paparan yang merugikan seperti air dan mikroorganisme.

Fungsi beeswax sendiri dalam proses finishing dan perawatan kayu adalah sebagai bahan pelindung karena memiliki banyak karakter menguntungkan. Dengan kombinasi minyak nabati seperti linseed oil, furniture kayu yang difinishing dan dirawat dengan produk ini akan benar-benar terlindung karena diolesi dengan bahan yang bersifat:

  1. Tahan air
  2. Tahan cuaca
  3. Tahan bakteri dan berbagai mirkoorganisme lain
  4. Tahan serangan organisme multiseluler seperti serangga dan jamur
  5. Bisa membuat tampilan kayu lebih indah

Selain memiliki berbagai keunggulan tersebut, bahan ini juga termasuk aman digunakan. Joint FAO/WHO Expert Committee on Food Additives atau biasa disingkat JECFA menyebutkan bahwa beeswax adalah bahan non toksik yang aman digunakan oleh manusia. Karena itulah bahan ini juga sering dimanfaatkan bukan hanya untuk finishing dan perawatan furniture kayu seperti lemari dan meja tamu, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk finishing dan perawatan alat-alat makan seperti mangkuk kayu.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 554 orang responden
%d bloggers like this: