Bahaya Merkuri bagi Anak-anak dan Janin dalam Cat - Bioindustries

Bahaya Merkuri bagi Anak-anak dan Janin dalam Cat

Bahaya merkuri bagi anak-anak dan janin harus benar-benar diwaspadai. Logam ini seringkali difungsikan sebagai anti jamur dan pigmen di dalam cat.

Bahaya merkuri bagi anak-anak dan janin harus benar-benar diwaspadai. Logam ini seringkali difungsikan sebagai anti jamur dan pigmen di dalam cat.

Bahaya merkuri bagi anak-anak dan janin harus benar-benar diwaspadai. Logam ini seringkali difungsikan sebagai anti jamur dan pigmen di dalam cat. Meskipun memiliki fungsi yang penting, akan tetapi konsekuensi yang harus ditanggung akibat paparan logam ini tidak main-main. Kandungan merkuri anorganik di dalam cat akan membahayakan kesehatan yang terpapar, terutama untuk anak-anak dan janin.

Membandingkan Bahaya Merkuri bagi Janin dan Anak-anak dengan Orang Dewasa

Dampak bahaya merkuri bagi anak-anak dan janin ditunjukkan dengan gejala-gejala yang tingkatannya lebih buruk dibanding gejala yang ditunjukkan pada orang dewasa. Pada janin, perkembangannya akan terganggu hingga bisa menyebabkan kecacatan. Sedangkan pada anak-anak, akan timbul efek negatif sebagai berikut:

  1. Perubahan tingkah laku seperti mudah marah, rewel saat disuruh tidur, dan sensitif terhadap cahaya.
  2. Kerusakan paru-paru
  3. Gagal pernafasan
  4. Kerusakan organ pencernaan
  5. Kematian pada kasus yang parah

Dibanding efek yang diterima orang dewasa, anak-anak memang lebih riskan menderita penyakit akibat paparan merkuri. Hal ini dikarenakan beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Anak-anak belum memiliki kesadaran terhadap bahaya merkuri. Terdapat perilaku anak seperti suka memasukkan mainan dan telapak tangan yang penuh dengan debu cat ke dalam mulut. Akibatnya, anak-anak bisa mendapatkan paparan merkuri yang lebih besar.
  2. Kecepatan metabolisme anak lebih tinggi dibanding orang dewasa. Akibatnya, absorbsi berbagai zat yang masuk ke dalam tubuh, termasuk merkuri juga lebih tinggi.
  3. Persentase jumlah makanan yang dikonsumsi anak umumnya lebih besar dibanding orang dewasa. Merkuri dengan massa yang sama akan berefek lebih parah pada anak-anak karena tubuh mereka lebih kecil.
  4. Belum berkembangnya organ maupun sistem organ pada anak-anak dengan sempurna. Hal ini menyebabkan pertahanan tubuh mereka saat terpapar merkuri lebih lemah.

Memilih Cat yang Tepat untuk Menghindari Bahaya Merkuri bagi Anak-anak dan Janin

Berbagai jenis cat berbasis air yang hanya diproduksi dari bahan alami dapat menjadi solusi untuk menjauhkan bahaya merkuri bagi anak-anak dan janin dari efek merkuri yang membahayakan. Cat-cat produksi Bioindustries yang berpelarut air dan terbuat dari bahan alami dapat Anda jadikan solusi tepat untuk menciptakan kondisi udara aman bagi janin di dalam kandungan maupun anak-anak. Terdapat berbagai jenis cat dari Bioindustries untuk memenuhi berbagai kebutuhan Anda, yakni cat tembok fasad BioPaint® Facade, Biopaint® Wallcoat, cat alumunium Orchid® Aloycoat, cat kayu Biocolours Wood Coating, serta cat kayu dan besi Orchid® cat kayu besi. Selain aman, berbagai jenis cat tersebut juga memiliki kualitas yang sangat baik untuk memberikan tampilan menarik yang tahan lama.

Artikel ini mendapat rating 4 bintang dari total 289 orang responden
%d bloggers like this: