Bahaya Cat Mainan Kayu Mengandung Timbal dan Ironinya

Efek bahaya cat mainan kayu mengandung timbal sangat mengkhawatirkan. Paparan zat ini dapat langsung mengenai buah hati yang sistem pertahanan tubuhnya masih amat lemah. Sebab kontak anak-anak dengan mainannya tergolong intens. Anak-anak bukan hanya sering memegang mainan kayu. Mereka juga sering memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulutnya. Sebuah kondisi yang dapat menyebabkan ia terpapar zat berbahaya dari produk tesebut.

cat mainan kayu mengandung timbal

Menurut medscape, timbal tak akan terlalu berdampak pada organ tubuh anak (berbeda dengan orang dewasa). Tapi timbal berpengaruh besar pada perkembangan otak anak. Dengan demikian, justru berbagai aspek pertumbuhannya akan terganggu. Pasalnya, otak merupakan organ sentral pengatur berbagai aspek dalam tubuh makhluk hidup. Dari kecerdasan, pergerakan, afeksi, hingga fisik anak akan terpengaruh bila bagian otaknya terganggu. Ditambah fakta bahwa anak masih dalam tahap perkembangan, orangtua harus benar-benar hati-hati pada kandungan timbal dalam mainan kayu yang mereka belikan.

Timbal berdampak buruk pada perkembangan otak anak.

Timbal berdampak buruk pada perkembangan otak anak.

Ironi Di Balik Efek Bahaya Cat Mainan Kayu Mengandung Timbal

Yang ironis, seringkali orangtua membelikan mainan kayu untuk menjauhkannya dari mainan plastik. Bukan rahasia lagi kalau mainan plastik mengandung zat-zat membahayakan. Misalnya saja kandungan BPA pada mainan plastik yang marak belakangan ini. BPA atau Bhispenol A diketahui meningkatkan resiko kanker.

Bisa dibilang mainan kayu tetap merupakan alternatif yang lebih baik dibanding mainan plastik. Akan tetapi, orangtua tetap harus waspada pada produk ini. Salah satunya seperti yang disebut di atas, adalah kewaspadaan pada efek bahaya cat mengandung timbal yang digunakan pada mainan kayu. Sebab meski hanya beberapa produsen cat mainan kayu yang bisa dipercaya, keberadaan mereka tetap ada dan dapat diandalkan.

mainan kayu unik

Berikut ini beberapa tips bagi orangtua untuk menghindarkan anaknya dari efek bahaya cat mainan kayu mengandung timbal:

  1. Hanya memilih cat mainan kayu minimal standar SNI
  2. Hanya memilih cat mainan kayu dari perusahaan yang jelas
  3. Tidak membeli mainan kayu yang bau catnya menyengat (aroma menyengat menandakan kandungan cat yang membahayakan. Meski kandungan tersebut bukan berasal dari timbal, orangtua tetap harus waspada).

Semoga bermanfaat.

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 271 orang responden
%d bloggers like this: