Apa Itu Maincoat, Sanding Sealer, Primercoat? - Bioindustries

Apa Itu Maincoat, Sanding Sealer, Primercoat?

Sebelum kita melakukan proses finishing pada kayu, bambu, rotan serta berbagai barang sejenis kayu lainnya, ada baiknya kita memahami dulu apa yang disebut maincoat, primercoat dan sanding sealer.

maincoat ?

Main-coat jika dilihat dari arti bahasanya bermakna “lapisan utama”. Lantas, apa yang dimaksud dengan maincoat tersebut dalam proses finishing? Kenapa perlu ada lapisan maincoat dalam proses finishing?

Yang dimaksud dengan maincoat adalah lapisan coating utama yang membangun struktur utama lapisan film coating yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai lapisan pelindung dan memperindah tampilan benda atau media yang di lapisi /coating.

Untuk memenuhi fungsinya tersebut, lapisan maincoat yang baik minimal harus memenuhi 2 syarat performa lapisan film utama, yaitu :

  • daya rekat
  • daya tutup

maincoat dan kualitas daya rekat

lapisan main coat harus memiliki daya rekat yang baik terhadap media yang akan dilapisi atau di-coating. Hal ini sangat penting agar lapisan coating yang bertujuan untuk melindungi benda atau media tersebut tetap akan dapat menjalankan tugas utamanya tersebut sampai jangka waktu yang diinginkan sesuai dengan kondisi dan lokasi benda atau media tersebut ditempatkan.

Dengan kata lain,  jika lapisan maincoat tersebut mudah pecah dan mengelupas maka fungsi perlindungan dari total lapisan film coating telah gagal. Untuk menguji performa daya rekat, dapat dilakukan dengan metode test cross cut sesuai standard test ASTM

maincoat dan kualitas daya tutup

Selain fungsi perlindungan atau pengawetan yang menuntut performa daya rekat lapisan film coating yang baik, sebuah lapisan film coating juga memiliki fungsi utama yaitu memperindah atau mempercantik benda yang di coating, fungsi ini dapat kita sebut “fungsi estetika”.

Untuk memenuhi fungsi ini, dibutuhkan lapisan film “maincoat” yang berperan menutup dan memperbaiki cacat permukaan media agar terlihat lebih cantik sesuai dengan yang diinginkan. Untuk itu kualitas lapisan film maincoat yang baik harus dapat menunjukan performa daya tutup yang baik terhadap media yang dilapisi.

Standard kualitas daya tutup dapat dilihat dari dua hal yaitu :

  1. daya tutup warna
  2. daya tutup permukaan substrate media

Sanding sealer ?

Istilah “Sanding sealer” sering ditemukan pada sistem finishing kayu atau wood coating terutama untuk hasil finishing kayu dengan warna trasparan atau trasparent color wood finishing system. sanding sealer merupakan salah satu jenis maincoat berwarna transparan sehingga hasil finishing akhir tetap dapat meng-expose warna dasar atau warna substrate alami media dibawahnya.

Selain beberapa parameter spesifik yang harus dipenuhi oleh lapisan sanding sealer, standard qualitas sanding sealer ditentukan oleh 2 hal pokok standard kualitas fungsional sebagai lapisan maincoat sebagaimana dijelaskan diatas.

primercoat ?

Secara sederhana, yang disebut bahan atau lapisan “primer coat” adalah lapisan maincoat yang berwarna solid color dan memiliki daya tutup warna yang baik sehingga dapat menutup warna dibawahnya dengan sempurna.

Primer coat biasa digunakan pada sistem finishing solid color finishing system atau metalic color finishing system untuk mendapatkan hasil akhir dengan warna tertutup sempurna sesuai yang diinginkan.

Teknologi hijau dari Bio Industries

Perkembangan teknologi dan kesadaran masyarakat akan produk yang aman dan ramah lingkungan selalu melahirkan produk produk baru dengan teknologi mutahir yang lebih baik dari produk konvensional sebelumnya.

Bio industries dengan pengalaman dan pengetahuan akan standar kualitas kebutuhan teknis yang dimilikinya, terus menerus mengembangkan produk bahan finishing yang lebih, berkualitas, lebih aman, dan lebih ramah lingkungan. Dengan teknologi formulasi water based formulations system terkini, Bio Industries telah berhasil mengembangkan produk produk maincoat baik sanding sealer maupun primer coat baik dari produk konvensional (solvent based atau oil based ) sebelumnya

keunggulan teknis produk-produk maincoat dari Bio Industries

  • daya rekat lebih baik
  • daya tutup lebih baik
  • mudah diampelas, semudah produk solvent based (NC, Melamine, epoxy,dll) dan lebih baik dari teknologi water based sebelumnya

maincoat product ranges by Bio Industries

BioColours® sanding sealer (S401A)
Water based acrylic emulsion sanding sealer, nontoxic, very low VOC, for general purposes wood coating transparent or stain color finishing system……read more
download TDS       download MSDS

 

BioColours® primer (PA550)
Water based acrylic emulsion; nontoxic, very low VOC, good opacity hiding power primer-coat for general purposes wood coating system solid color finish. used for woods, plywood, MDF, HDF, bamboo, rattan, etc…….. read more
download TDS      download MSDS 

Artikel ini mendapat rating 2 bintang dari total 526 orang responden
%d bloggers like this: